DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pelaksanaan Dan Fungsi Sosial Siskamling Pada Masyarakat Di Desa Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut
PENGARANG:MIFTAHUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


Miftahul Huda, 2020, Pelaksanaan dan Fungsi Sosial Siskamling pada Masyarakat Di Desa Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Syahlan Mattiro, Pembimbing (II) Laila Azkia.

 

Kata Kunci: Ronda, Iuran, Siskamling

 

Siskamling pada umumnya adalah kegiatan yang dilakukan pada malam hari dengan cara ronda. Akan tetapi, di Desa Banyu Irang siskamling juga dilakukan pada siang hari. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan pelaksanan siskamling pada malam dan siang hari di Desa Banyu Irang. (2) Menjelaskan fungsi-fungsi siskamling dalam pelaksanaannya dimasyarakat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik penentuan informan dipilih secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Pelaksanaan siskamling pada masyarakat di Desa Banyu Irang dilakukan pada malam dan siang hari. Pada malam hari kegiatan siskamling berupa ronda warga, mengumpulkan iuran, aktivitas malam minggu. Sedangkan pada siang hari kegiatan siskamling dilakukan melalui anggota Karang Taruna yang mengelilingi desa dan mengamati dan menjaga lingkungan yang dilakukan oleh warga. (2) Fungsi sosial siskamling terhadap masyarakat di Desa Banyu Irang terdiri dari tiga bagian: Pertama, menciptakan rasa aman. Kedua, meningkatkan kekerabatan, adanya kerjasama antar warga dan aparat keamanan. Ketiga, menanggulangi ancaman bahaya dari luar dan dari dalam.

Penelitian ini menyarankan agar (1) siskamling di Desa Banyu Irang untuk memperbanyak lagi kegiatan siskamling pada siang hari. (2) Perlunya ditambah penyuluhan tentang siskamling yang dilakukan pihak-pihak seperti pemerintah dan aparat kepada warga

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI