DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA FIKSI MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL LEARNING, JIGSAW DAN QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV | |
PENGARANG | : | FITRIANOOR PRATAMA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-12-10 |
ABSTRAK
FITROANOOR PRATAMA. 2020. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Cerita Fiksi Menggunakan Model Contextual Learning, Jigsaw dan Quantum Learning Kelas IV ". Skripsi Program S1 Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Syahmani, M.Si.
Kata Kunci: Aktivitas, Quantum Learning, Cerita Fiksi
Keterampilan menulis cerita fiksi atau mengajarkan cerita fiksi perlu ditanamkan kepada siswa di Sekolah Dasar, sehingga mereka mempunyai kemampuan untuk mengapresiasikan karya sastra dengan baik. Mengapresiasikan sebuah cerita fiksi bukan hanya ditujukan untuk penghayatan dan pemahaman melainkan berpengaruh mempertajam terhadap kepekaan perasaan, penalaran, serta kepekaan anak terhadap masalah kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar Bahasa Indonesia pada Materi Cerita Fiksi Menggunakan Model Contextual Learning, Jigsaw dan Quantum Learning Kelas IV
Pendekatan dalam ini penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data merupakan kegiatan awal dengan mengumpulkan data mentah dari suatu penelitian, dalam pengumpulan ini peneliti mengumpulkan data dari literature maupun jurnal.
Berdasarkan hasil dari penelitian dengan menggunakan literature ataupun jurnal yang berkaitan dengan penelitian untuk mengetahui cara meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Indonesia pada Materi Cerita Fiksi Menggunakan Model Contextual Learning, Jigsaw dan Quantum Learning Kelas IV dapat disimpulkan bahwa Dari ketiga kombinasi model pembelajaran meningkatkan aktivitas belajar Bahasa Indonesia pada Materi Cerita Fiksi Menggunakan Model Contextual Learning, Jigsaw dan Quantum Learning Kelas IV ke tiga model tersebut mempunyai dampak yang positif bagi peningkatan hasil belajar belajar Bahasa Indonesia pada materi cerita fiksi.
ABSTRACT
FITROANOOR PRATAMA. 2020. "Increasing Indonesian Language Learning Activities in Fiction Story Material Using the Class IV Contextual Learning, Jigsaw and Quantum Learning Models". Thesis of Elementary School Education Undergraduate Program. Faculty of Teacher Training and Education. Lambung Mangkurat University. Advisor Dr. Syahmani, M.Si Keywords: Activities, Quantum Learning, Fiction Stories
The skills of writing fiction stories or teaching fiction stories need to be instilled in students in elementary schools, so that they have the ability to appreciate literary works well. Appreciating a fictional story is not only intended for appreciation and understanding, but has the effect of sharpening the sensitivity of feelings, reasoning, and children's sensitivity to human problems. This study aims to determine the increase in Indonesian learning activities in Fiction Story Material Using the Class IV Contextual Learning, Jigsaw and Quantum Learning
Models. The approach in this research uses a qualitative approach. This type of research is descriptive. Data collection techniques are the initial activities by collecting raw data from a study, in this collection researchers collect data from literature and journals.
Based on the results of research using literature or journals related to research to find out how to increase Indonesian learning activities in Fiction Story Material Using Contextual Learning, Jigsaw and Quantum Learning Models for Class IV, it can be concluded that the three combinations of learning models increase Indonesian learning activities in Fiction Story Material Using Contextual Learning, Jigsaw and Quantum Learning Models for Class IV, these three models have a positive impact on improving Indonesian learning outcomes in fictional story material
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI