DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIA-1 MAN 1 Banjarmasin melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry
PENGARANG:AHMAD FAUZAN RIZALDY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


 

Penerapan metode pembelajaran yang masih didominasi guru mengakibatkan rendahnya keteramplan proses sains peserta didik. Sehingga untuk meningkatkan KPS maka dilakukan penelitian dengan model pembelajaran guided inquiry. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, mendeskripsikan keterampilan proses sains, dan mendeskripsikan hasil belajar peserta didik. Untuk instrumen menggunakan lembar keterlaksanaan RPP, lembar pengamatan KPS, THB peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA-1 MAN 1 Banjarmasin. Jenis penelitian yag digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Hopkins. Teknik pengumpulan data didapatkan dari observasi, dokumentasi, tes. Adapun hasil penelitian memperlihatkan keterlaksanaan RPP di siklus I terlaksana dengan baik dan siklus II terlaksana sangat baik. Hasil KPS pada siklus I memperoleh kriteria baik dan siklus II  memperoleh kriteria sangat baik. Hasil ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 11,54% menjadi 80,76%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa KPS peserta didik di kelas XI MAN 1 Banjarmasin dapat ditingkatkan melalui model guided inquiry.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI