DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN PENGENALAN KONSEP BILANGAN DENGAN PERMAINAN BOLA ANGKA BERWARNA PADA ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELOMPOK B TK KASIH IBU SUNGAI RIAM
PENGARANG:SRI WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


ABSTRAK

 

Sri Wahyuni, 2020.  Meningkatkan Pengenalan Konsep Bilangan Dengan Permainan Bola Angka Berwarna pada Anak Lamban Belajar (Slow Learner) Di Kelompok B TK Kasih Ibu Sungai Riam. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Luar Biasa. Jurusan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin. Pembimbing 1: Utomo, M.Pd dan Pembimbing 2 Septi Atiyanti, M.Pd.

 

 

Kata Kunci: Konsep Bilangan, permainan bola, anak lamban belajar (slow learner)

 

 

Kemampuan dalam pengenalan konsep bilangan sangat baik bila diberikan kepada anak usia dini, di Taman Kanak-kanak konsep bilangan termasuk dalam kurikulum pengajaran. Hal tersebut dapat diikuti oleh anak normal dengan baik, tapi tidak bagi anak yang mengalami lamban belajar (slow learner). Anak lamban belajar (slow learner) sangat sulit dalam membilang, kadang belum mengerti, lupa atau keliru. Dalam mengenal lambang bilangan kadang ada beberapa angka atau bilangan yang salah dibaca atau disebut, kadang keliru membaca atau menyebut angka yang bentuknya hampir sama. Sesuai permasalahannya maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengenalan konsep bilangan anak lamban belajar (slow lierner) dengan permainan bola angka berwarna pada.

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen), dengan desain penelitian time series designyang terdiridari pemberian tes awal(pretest), pemberian perlakuan (treatment), pemberian tes akhir (posttest). Subjek penelitian ada tiga orang anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian time series design. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil jumlah rata-rata  nilai pada tahap pretest  O1=22, O2=22,  O3=25,6, dan O4=25,6 dan jumlah rata-rata  nilai posttest yaitu O5=25,6, O6=44, O7=51,3, dan O8=62,3. Selain itu diperkuat dengan jumlah nilai rata-rata posttest dikurangi jumlah nilai rata-rata pretest yaitu  (O5+O6+O7+O8) –(O1+O2+O3+O4) = 183,2 – 95,2 = 88. Dari hasil jumlah nilai rata-rata tersebut menunjukkan adanya peningkatan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan permaianan bola angka berwarna terhadap kemampuan konsep bilangan anak pada anak lamban belajar (slow lierner) di kelompok B TK Kasih Ibu Sungai Riam.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI