DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FIVE STAGE PREDICT OBSERVE EXPLAIN INQUIRY BASED LEARNING BERBANTUAN CHEMISTRY POSTER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR RANAH PENGETAHUAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIA DI MAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SHEILAWATI PRATIWININGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran five stage predict observe explain inquiry based learning berbantuan chemistry poster pada materi larutan penyangga. Penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan keterampilan proses sains (2) perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan dan (3) respon peserta didik terhadap penerapan model FPOEIL berbantuan chemistry poster pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menerapkan quasy experimental dengan desainpenelitian noneqivalent control group. Penelitian ini menggunakan 3 sampel kelas yaitu 1 kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen. Kelas kontrol menerapkan model pembelajaran ekspositori, kelas eksperimen 1 menggunakan model FPOEIL dan kelas eksperimen 2 menggunakan model FPOEIL berbantuan chemistry poster. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan nilai tes keterampilan proses sains antara peserta didik kelas eksperimen 2 dengan kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara peserta didik kelas eksperimen 2 dengan kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran yang menggunakan model FPOEIL berbantuan chemistry poster mendapat respon sangat positif.

 

Kata kunci: five stage predict observe explain inquiry based learning, chemistry poster, keterampilan proses sains, hasil belajar ranah pengetahuan, larutan penyangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI