DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Motivasi Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga Pemulung (Studi Kasus Kawasan Permukiman Handil Palung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Basirih) Kota Banjarmasin
PENGARANG:IDA ARISKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


Pada dasarnya pendidikan sangatlah  penting bagi kehidupan manusia. Keluarga sebagai pendidikan pertama, karena dalam keluarga anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Maka orang tua sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak dan masa depan yang lebih baik, sehingga anak bisa sukses untuk meraih cita-citanya dikemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor yang mempengaruhi orang tua memotivasi anaknya untuk bersekolah di kawasan permukiman Handil Palung TPA Basirih, dan (2) upaya orang tua memotivasi anaknya untuk bersekolah di kawasan permukiman Handil Palung TPA Basirih.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil  dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) faktor yang mempengaruhi orang tua memotivasi anaknya untuk bersekolah di kawasan permukiman Handil Palung TPA Basirih Kota Banjarmasin yaitu (a) faktor  dorongan dari dalam (motivasi intrinsik) keinginan dari orang tua itu sendiri agar dapat meningkatkan kesejahteraan, kelak dapat membantu ekonomi keluarga dan mudah mendapatkan pekerjaan.(b) faktor dari luar (motivasi ekstrinsik) dorongan dari lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah, untuk melepaskan dari cibiran karena pemulung, membuktikan kemampuan serta untuk mendapatkan beasiswa. (2) upaya orang tua memotivasi anaknya untuk bersekolah yaitu (a) memberikan fasilitas seperti Sepeda Motor, Sepeda, Laptop dan Handphone agar anak rajin bersekolah meskipun hidup seadanya.(b) memberikan dukungan dengan cara mendoakan dan memberikan dorongan semangat agar anak mampu berprestasi di sekolah. 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk: (1) masyarakat agar selalu memberikan motivasi terhadap pendidikan anak karena dengan adanya pendidikan dapat membawa anak kekehidupan yang lebih baik lagi kedepannya. (2) bagi peneliti lainnya dapat melakukan penelitian yang lebih dalam terhadap keberadaan pemulung dalam melihat pentingnya pendidikan bagi anak. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI