DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY MELALUI MEDIA SQUISHY GLOVES DI SLB NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:MEISELLA NURADYA PAMELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya seorang anak cerebral palsy yang bersekolah di SLB Negeri 1 Martapura, dimana anak tersebut mengalami hambatan dalam perkembangan motorik halus, sehingga mempengaruhi anak dalam kemampuan motorik halusnya seperti pada saat anak melakukan aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan hal seperti memegang, meremas, melempar, ataupun menangkap terutama saat mengikuti pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, tujuan yang ingin dicapai dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui kegunaan  media squishy gloves dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak cerebral palsy di SLB Negeri 1 Martapura.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, rancangannya menggunakan jenis eksperimen. Metodenya single subject research (SSR) yang menggunakan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah 1 anak cerebral palsy kelas 1 di SLB Negeri 1 Martapura. Metode analisis data yang digunakan analisis visual. Teknik analisis data yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian ini adalah meningkatnya kemampuan motorik halus anak cerebral palsy di SLB Negeri 1 Martapura setelah diberikan intervensi melalui media squishy gloves. Sebelum anak diberikan intervensi hasil rata-rata anak hanya 22,5% dan saat diberikan intervensi menjadi 42,5%, kemudian anak di tes kembali tanpa dilakukan intervensi dan hasil anak menunjukkan membaik dari sebelum diberikan intervensi yaitu 72,5%. Dari rata-rata hasil anak maka dilihat bahwa kemampuan motorik halus anak meningkat setelah diberikan intervensi menggunakan media squishy gloves. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media squishy gloves dapat meningkatkan motorik halus anak cerebral palsy di SLB Negeri 1 Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI