DIGITAL LIBRARY



JUDUL: “Dampak Sebelum dan Sesudah Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Bantaran Sungai Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru” (Studi Kasus di Kampung Pelangi Kelurahan Guntung Paikat dan Kelurahan Kemuning)
PENGARANG:HADI WIDODO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


 

Hadi Widodo, D1A115038, 2020.  Dampak Sebelum dan Sesudah Pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Bantaran Sungai Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru(Studi Kasus di Kampung Pelangi Kelurahan Guntung Paikat dan Kelurahan Kemuning). Dibawah bimbingan Varinia Pura Damayanti, S.Sos, M.Si.

Latar belakang penulisan skripsi adalah berkaitan denganDampak Sebelum dan Sesudah PelaksanaanProgram Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Bantaran Sungai Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru(Studi Kasus di Kampung Pelangi Kelurahan Guntung Paikat dan Kelurahan Kemuning). Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui keberhasilan dalam kegiatan Pelaksanaan Kegiatan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) dan mengetahui kendala-kendala dalam upaya mencapai keberhasilan Kegiatan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kampung Pelangi sekitar Bantaran Sungai Kemuning, Kota Banjarbaru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi guna dalam memperoleh data mengenai hasil evaluasiProgram Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Bantaran Sungai Kemuning Kecamatan Banjarbaru Selatan Kota Banjarbaru. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisa secara deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksaan program kotaku dengan memperbaiki dan penataan permukiman penduduk di sekitar bantaran sungai kemuning Kampung Pelangi dapat dikatakan berhasil untuk parameter secara bangunan fisiknya saja,Namun berdasarkan kendala-kendalanya untuk kondisi Non fisiknya dalam segi ekonomi maupun sosial masyarakat disana masih belum ada peningkatan, baik pendapatan masyarakatnya yang belum ada perubahan dari sebelum adanya program sampai setelah adanya program, kemudian kondisi sosial masyarakatnya yaitu tingkat partisipasi maupun kesadarannya dalam menjaga dan memelihara lingkungan juga masih rendah. Hal tersebut dikarenakan masyarakat yang masih terus bergantung terhadap bantuan dari  pemerintah maupun pihak luar/swasta dalam upaya menjaga lingkungan di sekitar bantaran sungai.

 

Kata Kunci : Dampak, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU)

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI