DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Bahasa Persuasif dalam Transaksi Jual Beli Online
PENGARANG:SEPTIA MAULYDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-11


 

ABSTRAK

 

 

 

Maulyda, Septia (2019). Bahasa Persuasif Dalam Transaksi Jual Beli Online. Tesis. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Jumadi, M.Pd (II) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M.Pd.

 

 

 

Kata Kunci : bahasa persuasi, teknik persuasi, jual beli online

 

 

 

Perkembangan Online Shop atau toko online melalui media internet sudah menjamur di Indonesia. Semaraknya jual beli online dapat dilihat dari banyaknya iklan online yang tayang gratis di media sosial. Untuk mengkaji lebih mendalam tentang bahasa persuasif dapat memanfaatkan keberadaan iklan yang ditayangkan pada sistem transaki jual beli online ini, karena peranan bahasa persuasi dalam tayangan iklan online sangat penting digunakan agar calon pembeli tertarik dan lebihyakin untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

 

 

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk bahasa persuasi dan teknik persuasi dalam jual beli online.

 

 

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, metode ini digunakan untuk penelitian yang bersumber pada tulisan Data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa tindak persuasif dalam iklan online pada media sosial online. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah iklan online di media online, yaitu pada Istagram dan Facebook periode Januari sampai dengan April 2019. Sampel data dalam penelitian ini adalah iklan online berbahasa Indonesia khususnya dengan kategori bahasa dan teknik persuasifnya.

 

 

 

Hasil penelitian menyimpulkan (1) bahasa persuasi yang digunakan dalam transaki jual beli online dapat dilihat dari presentase dalam iklan transaski online berupa unsur-unsur bahasa persuasi yang ditandai dengan penggunaan moto atau semboyan, data atau fakta, keunggulan produk yang diiklankan, dan penggunaan kalimat yang bersifat persuasif yang terdapat pada iklan dalam transaksi online, (2) Moto atau semboyan diambil dari kutipan yang disesuaikan dengan produk yang ditawarkan, data  atau fakta meliputi produk yang ditawarkan kepada konsumen beserta kegunaannya, dan keunggulan produk meliputi keunggulan produk serta disajikan sebaiknya dalam bentuk kalimat persuasif (3) Teknik persuasif yang digunakan dalam transaski online dapat dilihat dari iklan transaski online yaitu rasionalisasi, sugesti, konformitas, kompensasi, penggantian, dan proyeksi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI