DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA MATERI MEMAINKAN ALAT MUSIK PIANIKA MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 1 CEMPAKA KOTA BANJARBARU
PENGARANG:NORHUJAIMAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-09


Kata Kunci: Memainkan alat musik pianika, Model Demonstrasi.
Berdasarkan hasil pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan tentang
memainkan alat musik pianika pada kelas V di SDN 1 Cempaka masih belum
maksimal dikarenakan siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran dan kurang
memahami materi karena hanya dengan ceramah berpusat pada guru, serta
keterbatasan alat musik yang dimiliki sekolah dalam menunjang kegitan belajar
mengajar. Dampak dari kualitas pembelajaran di atas kemampuan memainkan
alat musik pianika cenderung lemah dan kurang diminati siswa. Permasalahan ini
dapat dilihat dari kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Seni
Budaya dan Keterampilan. Salah satu strategi untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan model Demonstrasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa
melalui model pembelajaran Demonstrasi pada materi memainkan alat musik
pianika.
Model yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif setting
penelitian di SDN 1 Cempaka dengan subjek penelitian siswa kelas V semester I
pada tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik penggalian data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan wali kelas V serta
para siswa kelas V, dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model
demonstrasi dapat menunjukan adanya perubahan aktivitas siswa, aktivitas guru,
dan hasil belajar pada materi memainkan alat musik pianika. Penelitian ini
dilaksanakan selama 1 bulan 4 kali pertemuan, dimana setiap pertemuan ada
evaluasi pembelajaran sebagai dasar pemahaman siswa dalam mengikuti
pelajaran. Berdasarkan temuan ini guru diharapkan dapat memilih dan
menggunakan model pembelajaran sesuai dengan materi yang dipelajari. Untuk
sekolah, model demonstrasi dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang
efektif pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI