DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Karakteristik Fenotipe dan Produksi Karkas Sapi Bali (Bos javanicus) yang Dipotong di Tempat Pemotongan Hewan Banjarbaru
PENGARANG:USWATUN KASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-16


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fenotipe serta produksi karkas sapi Bali yang dipotong diTempat Pemotongan Hewan Banjarbaru. Analisis dilakukan secara deskriptif dan kualitatif dilakukan melalui pembahasan data yang diperoleh dengan informasi dari responden, data sekunder serta studi pustaka. Hasil pengukuran fisik ternak kemudian dibandingkan dengan karakteristik kualitatif sapi Bali berdasarkan (SNI) 7651-4:2017.

Berdasarkan pengamatan fenotipe sapi Bali Jantan yang dipotong di TPH Banjarbaru memiliki kisaran umur 2-5 tahun dengan rata rata bobot badan 406,86 kg. Identifikasi fenotipe memperlihatkan warna bulu didominasi hitam kemerahan,  ada penyimpangan warna bulu yaitu pola sonteng, warna kaki putih (white stocking) dominasi putih, warna putih pada pantat/cermin putih, terdapat garis belut (eel stripe) pada punggung dan bentuk tanduk terbanyak silak pendang. Hasil pengukuran fisik ternak yang kemudian di bandingkan dengan (SNI) 7651-4:2017 menunjukan sapi Bali yang dipotong di TPH Banjarbaru memiliki karakteristik kualitatif yang baik yaitu lingkar dada dan tinggi gumba berada pada kelas I meskipun panjang badan berada dibawah standard SNI 7651-4:2017.

Kata kunci : sapi Bali, fenotipe, ukuran tubuh.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI