DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN PENGEMBANGAN BAHASA DALAM MENGHUBUNGKAN DAN MENYEBUTKAN TULISAN SEDERHANA DENGAN SIMBOL YANG MELAMBANGKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DAN PEMBERIAN TIGAS DENGAN MEDIA KARTU KATA PADA KELOMPOK B TK QATHRUN NADA BANJARMASIN
PENGARANG:MAWARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-14


ABSTRAK

 

Mawarni, 2017. “Upaya Meningkatkan Pengembangan Bahasa Dalam Menghubungkan Dan Menyebutkan Tulisan Sederhana Dengan Simbol Yang Melambangkan Dengan Menggunakan Model Make A Match Dan Pemberian Tugas Dengan Media Kartu Kata Pada Kelompok B Tk Qathrun Nada Banjarmasin”,  

 

Kata Kunci: Bahasa, Menghubungkan, Menyebutkan Tulisan Sedderhana Dengan Simbol Yang Melambangkan, Model Make A Match Dan Pemberian Tugas Dengan Media Kartu Kata.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya pengembangan bahasa anak, terutama dalam menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan. Dari 15 orang anak yang berada di kelompok B TK Qathrun Nada Banjarmasin, 1 orang anak berkembang sangat baik, 3 orang anak berkembang sesuai harapan, 11 orang anak mulai berkembang dan 1 orang anak belum berkembang. Hal ini karena bahasa tubuh guru yang kaku, penyajian yang kurang menarik, alat peraga yang kurang dimanfaatkan dan guru lebih sering menggunakan buku, pensil dan crayon. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk menerapkan  pola belajar anak agar dapat terlibat  dan berperan aktif secara langsung dalam proses pembelajaran menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan bahasa dengan menggunakan model  Make A Match dan pemberian tugas dengan media kartu kata pada kelompok B Tk Qathrun Nada Banjarmasin.

Setting penelitian adalah kelompok B di Tk Qathrun Nada Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017 semester I. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada siklus 1 dan 2 kali pertemuan pada siklus 2 setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai kategori sangat baik, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai kategori sangat aktif. Dan pengembangan bahasa anak secara individual minimal mendapat *** dan secara klasikal anak memperoleh minimal ***.

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan perkembangan aspek bahasa anak dalam menghubungkan dan menyebutkan tulisan sedderhana dengan simbol yang melambangkan melalui model make a match dan pemberian tugas dengan media kartu kata. Dilihat dari aktivitas guru setiap pertemuan mengalami perbaikan, dari siklus I ke siklus II hingga mencapai kriteria sangat baik, begitu pula aktivitas anak mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II hingga mencapai kriteria sangat aktif (SA). Dan pada hasil perkembangan aspek bahasa pada siklus I ke siklus II meningkat hingga mencapai berkembang dengan sangat baik (BSB) dengan bintang 4 (****).

Dapat disimpulkan bahwa model make a match dengan pemberian tugas dapat mengembangkan aspek bahasa dalam menghubungkan dan menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan, maka disarankan kepada guru sebagai salah satu alternatif dapat menggunakan model make a match dengan pemberian tugas karena membuat pembelajaran jadi menyenangkan, belajar melalui bermain dan membuat anak aktif.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI