DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN SENI MUSIK DALAM MATERI BERNYANYI LAGU WAJIB MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (LANGSUNG) DI KELAS IV SDN JAWA 3 KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:SARTIKA MAISYAROCH
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-09


Kata Kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas Siswa, Artikulasi, Hasil Belajar, Intonasi,
Model Direct Instruction (Langsung), Tempo.
Siswa kelas IV SDN Jawa 3 Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar
masih mengalami kesulitan dalam memahami dan mempraktekan menyanyikan
lagu wajib Nasional sesuai dengan tinggi rendah,tempo,dan artikulasi dalam Irama
Lagu terebut, sehingga menyebabkan 50% siswa kelas IV jarang mengerjakan
pekerjaan rumah yang diberikan guru, sepertiga siswa kelas IV kurang menghapal
lagu wajib pada pelajaran seni musik, 40% siswa kelas IV sering rebut pada saat
guru menerangkan pelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan
yaitu, (1)Mengetahui aktivitas guru/peneliti dalam melaksanakan pembelajaran
seni musik dalam kegiatan Bernyanyi lagu wajib (2) Mengetahui aktivitas siswa
dalam proses pembelajaran seni musik dalam kegiatan Bernyanyi lagu wajib (3)
untuk mengetahui hasil belajar, dengan menggunakan Model Direct Instruction
(Langsung). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kualitatif. Metode
Study Kasus. Langkah-langkah dalam metode Study kasus digunakan untuk
mengungkapkan fakta yang terjadi dilapangan untuk dipelajari secara mendalam,
sehingga pada akhirnya diperoleh temuan data yang dibutuhkan sesuai tujuan
penelitian. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi,
Teknik Wawancara, Teknik Dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1)
Aktivitas guru pada pembelajaran seni musik dalam kegiatan bernyanyi lagu
wajib menggunakan model Direct Intruction (Langsung) mengalami peningkatan,
(2) Aktivitas siswa pada pembelajaran seni musik dalam kegiatan bernyanyi lagu
wajib menggunakan model Direct Intruction (Langsung) mencapai 80 % lebih
dikatakan aktif dalam proses pembelajaran, (3) Hasil belajar pada pembelajaran
seni musik dalam kegiatan bernyanyi lagu wajib menggunakan model Direct
Intruction (Langsung) terlihat meningkat.Hasil penelitian ini dapat dijadikan
sebagai bahan pengembangan bagi guru Seni budaya dan keterampilan pada
pembelajaran seni musik dalam kegiatan bernyanyi lagu wajib menggunakan
model Direct Instruction (Langsung) sebagai upaya menciptakan perbaikan dan
peningkatan aktivitas guru dalam mengajar dan aktivitas siswa dalam
pembelajaran serta peningkatan dalam hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI