DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN FILM PENDEK SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 2 MARTAPURA | |
PENGARANG | : | ULYA SORRAYA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-12-15 |
Penelitian ini menelaah Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Film Pendek Siswa Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 2 Martapura. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 2 Martapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan 3 tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi 3 tahap kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, danpenutup. Penilaian pembelajaran dilakukan oleh guru dengan teknik penilaian autentik. Guru hanya menilai pembelajaran dari 2 ranah, yaitu pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap tidak dilakukan oleh guru karena dalam RPP yang dibuat guru untuk aspek penilaian sikap KI-1 dan KI-2 sudah ditiadakan. Hal tersebut karena guru telah menggunakan Kurikulum 2013 edisi revisi. Selain itu, ada kendala yang terjadi saat pembelajaran berlangsung, yaitu siswa masih kesulitan mengarang cerita.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI