DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK BERDASARKAN FILM PENDEK SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 2 MARTAPURA
PENGARANG:ULYA SORRAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-15


Penelitian ini menelaah Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Pendek Berdasarkan Film Pendek Siswa Kelas XI IPS-3 SMA Negeri 2 Martapura. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI IPS-3 SMA Negeri 2 Martapura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan 3 tahapan dalam pembelajaran, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Aktivitas yang dilakukan guru meliputi 3 tahap kegiatan, yaitu pendahuluan, inti, danpenutup. Penilaian pembelajaran dilakukan oleh guru dengan teknik penilaian autentik. Guru hanya menilai pembelajaran dari 2 ranah, yaitu pengetahuan dan keterampilan. Penilaian sikap tidak dilakukan oleh guru karena dalam RPP yang dibuat guru untuk aspek penilaian sikap KI-1 dan KI-2 sudah ditiadakan. Hal tersebut karena guru telah menggunakan Kurikulum 2013 edisi revisi. Selain itu, ada kendala yang terjadi saat pembelajaran berlangsung, yaitu siswa masih kesulitan mengarang cerita.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI