DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DENGAN MODEL KIRKPATRICK DI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDA FATHIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-15


ABSTRAK

Maulida Fathia. 2020. Evaluasi Program Layanan Bimbingan Pribadi Sosial Dengan Model Kirkpatrick Di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Nina Permatasari, S.Psi, M.Pd. (II) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi, M.Pd

 

Kata Kunci : Evaluasi, Program Layanan Bimbingan Pribadi Sosial

 

Fenomena yang di teliti adalah gambaran program layanan bimbingan pribadi sosial di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran Reaction, Learning, Behavior, dan Result evaluation pada program layanan bimbingan pribadi sosial dari guru BK yang ada di SMA Negeri 4 Banjarmasin.

 

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan model yang digunakan adalah evaluasi Kirkpatrick. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, angket dan wawancara serta teknik analisis data berupa trianggulasi sumber dan teknik. Sampel yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah guru BK, guru Bidang Studi dan siswa.

 

Hasil penelitian program layanan bimbingan pribadi sosial di SMA Negeri 4 Banjarmasin pada komponen Reaction sudah dianggap efektif karena siswa memberikan reaksi yang positif. Pada komponen Learning sudah dianggap efektif karena siswa sudah dapat dikatakan belajar. Pada komponen Behavior sudah dianggap efektif karena siswa sudah dapat menerapkan perubahan yang di dapatkan. Pada komponen Result sudah dianggap efektif karena sudah tujuan dari program layanan bimbingan pribadi sosial sudah tercapai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI