DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Sistem Pengendalian Internal terhadap Implementasi Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan
PENGARANG:HANASARI NORFITRIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-15


Hanasari Norfitrida (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal terhadap Implementasi Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan. Pembimbing: Dr. Syaiful Hifni, Drs, Ec, M.Si, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengendalian internal terhadap implementasi Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan. Variabel GCG dalam penelitian ini diukur melalui proksi variabel lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, dan monitoring. Sedangkan, pengendalian internal sebagai variabel independen diukur melalui proksi variabel transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, dan fairness.

Penelitian ini menggunakan data primer melalui kuesioner terhadap 24 orang karyawan Divisi Internal Audit di PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan selama dua bulan dari bulan Juni-Juli 2020. Metodologi yang digunakan adalah analisis regresi linear melalui program SPSS versi 26.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal mempunyai pengaruh positif terhadap implementasi Good Corporate Governance (GCG) pada PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan. Hal ini berarti dalam mewujudkan GCG yang baik, maka sebuah perusahaan harus menerapkan pengendalian internal yang baik dan terukur.

 

Kata Kunci: Pengendalian Internal, Good Corporate Governance

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI