DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS USAHA BUDIDAYA DAN PEMASARAN IKAN LELE (Clarias gariepinus) KOLAM TERPAL DI DESA NUSA INDAH KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:RONNY HARDIYANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-15


Analisis Usaha Budidaya Dan Pemasaran  Ikan Lele (Clariasgariepinus)Kolam Terpal Di Desa Nusa IndahKecamatan Bati-Bati

Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan

 

Analysis of the Cultivation and Marketing of Catfish (Clarias gariepinus) From

Nusa Indah Village, Bati-Bati Tanah Laut, South-Kalimantan Province

 

Ronny Hardiyanto1), Tri Dekayanti2), Ahmadi3)

ronnyhardiyanto1104@gmail.com1),tri.dekayanti@ulm.ac.id2),ahmadizarigani@gmail.com3),

Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat

 

 

ABSTRAK

Ronny hardiyanto program studi agrobisnis perikanan. Analisis Usaha Budidaya DanPemasaran  Ikan Lele (ClariasGariepinus)Kolam Terpal Di Desa NusaIndahKecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut  Provinsi  Kalimantan Selatandi Bawah Bimbingan Tri Dekayanti S.Pi., M.P Sebagai Ketua Pembimbing Dan Ahmadi S.Pi., M.Sc., Ph.D Sebagai Anggota Pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen usaha budidaya ikan lele dumbo, menganalisis peluang usaha dan menganalisis efisiensi pemasaran ikan lele dumbo. Analisis yang digunakan pada penelitian kali ini Analisis Manajemen Usaha, Revenue Cost Ratio (R/C), Payback Period (PP), Break Event Point (BEP), Peluang Usaha,Efisiensi Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s share.

Hasil penelitian pada analisis manajemen usaha pada teknis budidaya dimulai dari persiapan kolam, Pemilihan  benih ikan lele dumbo, Penebaran benih ikan lele dumbo, Pemeliharaan ikan, Seleksi ikan lele dumbo, Panen ikan lele dumbo. Hasil analisis finansial R/C = 1,15, PP = 4,31, BEP Produksi   960,1 dan harga BEP 3.895, jumlah permintaan ikan lele dumbo yang belum terpenuhi sebanyak 1.564 kg. Terdapat dua saluran pemasaran, saluran 1 PembudidayaPedagang pengumpulPedagangpengecer- Konsumen akhir dan saluran 2 PembudidayaKonsumen akhir. Margin pemasaran Rp. 7.000.00 dan Farmer’s Share 72 %.

 

 

Kata Kunci : Kolam terpal, R/C ratio, BEP, Peluang usaha lele dumbo

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI