DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS USAHA BUDIDAYA DAN PEMASARAN IKAN LELE (Clarias gariepinus) KOLAM TERPAL DI DESA NUSA INDAH KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT PROVINSI KALIMANTAN SELATAN | |
PENGARANG | : | RONNY HARDIYANTO | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-12-15 |
Analisis Usaha Budidaya Dan Pemasaran Ikan Lele (Clariasgariepinus)Kolam Terpal Di Desa Nusa IndahKecamatan Bati-Bati
Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan
Analysis of the Cultivation and Marketing of Catfish (Clarias gariepinus) From
Nusa Indah Village, Bati-Bati Tanah Laut, South-Kalimantan Province
Ronny Hardiyanto1), Tri Dekayanti2), Ahmadi3)
ronnyhardiyanto1104@gmail.com1),tri.dekayanti@ulm.ac.id2),ahmadizarigani@gmail.com3),
Program Studi Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat
ABSTRAK
Ronny hardiyanto program studi agrobisnis perikanan. Analisis Usaha Budidaya DanPemasaran Ikan Lele (ClariasGariepinus)Kolam Terpal Di Desa NusaIndahKecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatandi Bawah Bimbingan Tri Dekayanti S.Pi., M.P Sebagai Ketua Pembimbing Dan Ahmadi S.Pi., M.Sc., Ph.D Sebagai Anggota Pembimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen usaha budidaya ikan lele dumbo, menganalisis peluang usaha dan menganalisis efisiensi pemasaran ikan lele dumbo. Analisis yang digunakan pada penelitian kali ini Analisis Manajemen Usaha, Revenue Cost Ratio (R/C), Payback Period (PP), Break Event Point (BEP), Peluang Usaha,Efisiensi Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran, Farmer’s share.
Hasil penelitian pada analisis manajemen usaha pada teknis budidaya dimulai dari persiapan kolam, Pemilihan benih ikan lele dumbo, Penebaran benih ikan lele dumbo, Pemeliharaan ikan, Seleksi ikan lele dumbo, Panen ikan lele dumbo. Hasil analisis finansial R/C = 1,15, PP = 4,31, BEP Produksi 960,1 dan harga BEP 3.895, jumlah permintaan ikan lele dumbo yang belum terpenuhi sebanyak 1.564 kg. Terdapat dua saluran pemasaran, saluran 1 Pembudidaya – Pedagang pengumpul – Pedagangpengecer- Konsumen akhir dan saluran 2 Pembudidaya – Konsumen akhir. Margin pemasaran Rp. 7.000.00 dan Farmer’s Share 72 %.
Kata Kunci : Kolam terpal, R/C ratio, BEP, Peluang usaha lele dumbo
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI