DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN LIRIK LAGU BANDA NEIRA "RINDU" DARI PUISI SUBAGIO SASTROWARDOYO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 BANJARMASIN
PENGARANG:MELINDA AULIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-16


Rahmah, Melinda Aulia. 2020. Keterampilan Membaca Pemahaman Lirik Lagu

Banda Neira Rindu dari Puisi Subagio Sastrowardoyo Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 31 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (II) Dewi

Alfianti, M.Pd.

Kata Kunci: keterampilan membaca, membaca pemahaman

Keterampilan membaca merupakan suatu yang digunakan pembaca untuk

menyampaikan atau memperoleh pesan melalui media tulis. Membaca memang

sangat penting untuk siswa karena dengan membaca siswa dapat mengukur

seberapa terampil ia dalam memahami suatu bacaan. Pentingnya terampil dalam

membaca, agar siswa mampu mengembangkan bacaannya dalam bentuk tulisan

karena keterampilan dalam membaca berhubungan erat dengan keterampilan

menulis.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemahaman tentang

lirik lagu yang berasal dari puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin

berdasarkan pemahaman pada struktur fisik dan batin puisi. Struktur fisik tersebut

berupa pemadatan bahasa, pemilihan kata khas, rima, pengimajian, majas. Pada

struktur batin berupa tema, nada suasana, perasaan dalam puisi, makna dan amanat.

Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif, karena hasil

jawaban siswa akan dideskripsikan. Data penelitian ini yaitu hasil membaca

pemahaman lirik lagu banda neira Rindu dari puisi Subagio Sastrowardoyo siswa

kelas VIII SMPN 31 Banjarmasin. Sumber pengambilan data pada penelitian ini

yaitu siswa berjumlah 35 orang yang terdiri dari 16 orang siswa perempuan dan 19

orang siswa laki-laki. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu uji

keterampilan dan observasi.

Berdasarkan hasil analisis data siswa, siswa yang mencapai KKM lebih sedikit

dari yang tidak mencapai yaitu terdapat 13 siswa yang mencapai nilai KKM dan 22

siswa yang tidak mencapai nilai KKM. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka

saran yang dapat diberikan yaitu dapat berinovasi dalam pengajaran terutama mata

pelajaran Bahasa Indonesia sebagai salah satu cara menarik minat siswa untuk

membaca.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI