DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN LIRIK LAGU BANDA NEIRA "RINDU" DARI PUISI SUBAGIO SASTROWARDOYO SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 31 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | MELINDA AULIA RAHMAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-12-16 |
Rahmah, Melinda Aulia. 2020. Keterampilan Membaca Pemahaman Lirik Lagu
Banda Neira Rindu dari Puisi Subagio Sastrowardoyo Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 31 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Rusma Noortyani, M.Pd.; (II) Dewi
Alfianti, M.Pd.
Kata Kunci: keterampilan membaca, membaca pemahaman
Keterampilan membaca merupakan suatu yang digunakan pembaca untuk
menyampaikan atau memperoleh pesan melalui media tulis. Membaca memang
sangat penting untuk siswa karena dengan membaca siswa dapat mengukur
seberapa terampil ia dalam memahami suatu bacaan. Pentingnya terampil dalam
membaca, agar siswa mampu mengembangkan bacaannya dalam bentuk tulisan
karena keterampilan dalam membaca berhubungan erat dengan keterampilan
menulis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemahaman tentang
lirik lagu yang berasal dari puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Banjarmasin
berdasarkan pemahaman pada struktur fisik dan batin puisi. Struktur fisik tersebut
berupa pemadatan bahasa, pemilihan kata khas, rima, pengimajian, majas. Pada
struktur batin berupa tema, nada suasana, perasaan dalam puisi, makna dan amanat.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif, karena hasil
jawaban siswa akan dideskripsikan. Data penelitian ini yaitu hasil membaca
pemahaman lirik lagu banda neira Rindu dari puisi Subagio Sastrowardoyo siswa
kelas VIII SMPN 31 Banjarmasin. Sumber pengambilan data pada penelitian ini
yaitu siswa berjumlah 35 orang yang terdiri dari 16 orang siswa perempuan dan 19
orang siswa laki-laki. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu uji
keterampilan dan observasi.
Berdasarkan hasil analisis data siswa, siswa yang mencapai KKM lebih sedikit
dari yang tidak mencapai yaitu terdapat 13 siswa yang mencapai nilai KKM dan 22
siswa yang tidak mencapai nilai KKM. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka
saran yang dapat diberikan yaitu dapat berinovasi dalam pengajaran terutama mata
pelajaran Bahasa Indonesia sebagai salah satu cara menarik minat siswa untuk
membaca.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI