DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASIF MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 32 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD SETIAWAN DINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-17


ABSTRAK

Setiawan Dini, Muhammad 2020. Keterampilan Menulis Teks Persuasif Menggunakan Media Video Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 32 Banjarmasin, Skripsi, Program Studi  Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Dr. Zulkifli, M.Pd. (II) Lita Luthfiyanti, M.Pd.

Kata Kunci: menulis, teks persuasif, media video

Teks persuasif merupakan teks yang berisi paparan berdaya bujuk, ajak, ataupun himbauan yang dapat membangkitkan ketertarikan pembaca untuk meyakini ataupun menuruti himbauan disampaikan oleh penulis. Video adalah gambar-gambar dalam frame yang diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup. Media ini pada umumnya digunakan untuk tujuan-tujuan hiburan, dokumentasi, dan pendidikan.  Penelitian ini membahas tentang keterampilan menulis teks persuasif menggunakan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks persuasif siswa menggunakan media video. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 32 Banjarmasin. Penelitian ini terdapat satu rumusan masalah yaitu, bagaimanakah keterampilan menulis teks persuasif siswa menggunakan media video..  

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data pada penelitian ini adalah hasil kerja siswa dalam menulis persuasif menggunakan media video yang dikaji berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaannya. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes menulis teks persuasif berdasarkan video yang dipertontonkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini antara lain berupa (1) Observasi atau pengamatan meliputi kegiatan siswa, khususnya keterampilan menulis. (2) Wawancara berupa pertemuan dua orang untuk bertukar informasi dan ide melalui tanya jawab, sehingga dapat dikonstruksikan makna dalam suatu topik tertentu. (3) Dokumentasi yang berbentuk tulisan, yaitu karya siswa menulis teks persuasif menggunakan media video. Teknik analisis data terdiri atas: pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa kelas VIII A SMP Negeri 32 Banjarmasin dominan mendapat skor 60 atau dikategorikan cukup. Hal itu membuktikan bahwa rata-rata siswa di kelas ini cukup terampil dalam menulis, khususnya menulis teks persuasif. Dari segi aspek struktur, siswa dominannya selalu memuat unsur; pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali. Dari segi aspek kebahasaan, siswa dominannya selalu memuat unsur; pendapat. Sedangkan unsur yang tidak termuat satupun ialah kata kerja mental.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI