DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI EKSTERNAL DENGAN STAKEHOLDER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN NEGARA BUKAN PAJAK (PNBP) DI TVRI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:APRILIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-17


ABSTRAK  

 

Aprilia, 1610414120004, 2020, Komunikasi Eksternal Dengan Stakeholder Dalam Meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Di TVRI Kalimantan Selatan. (Studi Deskriptif Kualitatif Pada LPP TVRI Kalimantan Selatan) dibimbing oleh Fahrianoor, dan A. Bayu Chandrabuwono.

 

         Komunikasi eksternal adalah komunikasi antara pimpinan organisasi dengan khalayak di luar organisasi dengan tujuan untuk menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara organisasi dan khalayak (Ruliana, 2018:118). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui public relations dibutuhkan, sehingga dapat mensinergiskan semua indikator komunkasi eksternal; customer relations, community relations, government relations, dan media relations.

         Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan instrument depth interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan data collection, data reduction, data display,and verifying. Tulisan ini menggambarkan bagaimana peranan komunikasi eksternal Lembaga Penyiaran Publik TVRI Kalimantan Selatan dengan stakeholder dalam meningkatkan Pendapatan Negara bukan Pajak atau PNBP. untuk mengetahui dan melihat bagaimana komunikasi eksternal yang dilakukan oleh Public relations TVRI Kalimantan Selatan, sehingga pada tahun 2019 baru mampu mencapai target PNBP. Juga untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang menghambat dan mendorong komunikasi eksternal yang dilakukan dalam membangun kerjasama, sehingga hubungan kerja sama ini dapat terus berkelanjutan dan memenuhi target PNBP di TVRI Kalimantan Selatan.Teori yang digunakan yaitu teori Chester Bernard (1938), dan model komunikasi Two Way Symmetrical.

         Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi eksternal di TVRI Kalsel dirasa cukup maksimal, hal ini dibuktikan dari tingkat pendapatan pada tahun 2017,2018  hingga tahun 2019 mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga 20% dan mampu mencapai target pendapatan yang sudah ditetapkan oleh pusat.  Walaupun masih banyak kendala baik dari segi sumber daya manusia, hingga komunikasi internal didalamnya dalam mengkoordinasikan eksternal relations tersebut. 

 

Kata Kunci : Komunikasi Eksternal, Komunikasi Internal,  Public Relations, Stakeholder.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI