DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Persepsi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus terhadap Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Lambung Mangkurat
PENGARANG:HARIYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-17


Hariyati. 2020.Persepsi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus terhadap Pelaksanaan  Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing 1: Dr. Ali Rachman, M.Pd, Pembimbing 2: Mirnawati, M.Pd.

                                                       

Kata kunci: persepsi, MBK, seleksi penerimaan MABA, inklusi

Universitas Lambung Mangkurat sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara pendidikan inklusif, terbuka untuk menerima siswa-siswi berkebutuhan khusus lulusan SMA-SMK inklusi maupun SLB. Dalam proses seleksi penerimaan mahasiswa baru, siswa siswi berkebutuhan khusus juga harus mengikuti berbagai rangkaian seperti halnya siswa siswi pada umumnya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa baru berkebutuhan khusus terhadap pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019-2020 yang meliputi, pelayanan administrasi, pelayanan volunteer, dan ketersediaan aksesibilitas.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 7 orang mahasiswa berkebutuhan khusus tahun akademik 2019 dan 3 orang Volunteer dari Unit Layanan Disabilitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman, antara lain reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelayanan adminstrasi seleksi penerimaan mahasiswa baru bagi MBK sudah dilaksanakan dengan sangat baiksesuai prinsip pelayanan yang memenuhi 8 dari 10 indikator, staf atau panitia bersikap ramah, toleransi, dan memberikan kemudahan untuk MBK dengan didahulukan. 2) pelayanan volunteer dalam mendampingi MBK mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru dinilai MBKsangat baik dan memberikan kemudahan bagi MBK sesuai dengan prinsip pelayanan yang memenuhi 10 dari 10 indikator pelayanan. 3) ketersediaan akesesibilitas dalam pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru di ULM sudah cukup terpenuhi berdasarkan PermenPUNomor 30 Tahun 2006 perihal Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan dan Gedung dan Lingkungan untuk MBK tahun akademik 2019 yang tidak memiliki hambatan fisik/tunadaksayang mengikuti seleksi jalur Ujian Tulis Mandiri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI