DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYANYIKAN LAGU ANAK-ANAK MENGGUNAKAN ALAT MUSIK RITMIS SEDERHANA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS III SDN 1 PALAM BANJARBARU
PENGARANG:SARI DWI OKTAVIANTARI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-09


Kata Kunci : Kemampuan siswa, Alat musik ritmis sederhana, Kooperatif Tipe
STAD.
Kemampuan siswa pada setiap siklusnya telah mengalami peningkatan,
pada siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata nilai 60,3 dan hanya satu
kelompok yang mampu menyanyikan lagu anak-anak. Pada siklus I pertemuan
kedua dengan rata-rata nilai 67,6 dan hanya dua kelompok siswa yang mampu
menyanyikan lagu anak-anak dan mencapai nilai KKM yaitu 75. Setiap siklus
terus meningkat, pada siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata nilai yang
diperoleh yaitu 75,8. Pada siklus II pertemuan kedua kemapuan siswa terus
meningkat dengan rata-rata nilai yang diperoleh yaitu 85,8. Kemampuan siswa
telah meningkat dalam menyanyikan lagu anak-anak menggunakan alat musik
ritmis sederhana.
Pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran yang mengutamakan
kerja sama untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pembelajaran kooperatf
merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam
kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif, yang anggotanya terdiri dari 4-6
orang, dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen.
Student Teams Achievement Divisions merupakan salah satu model
pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang paling
baik untuk permulaan bagi guru yang baru menggunakan pendekatan dengan cara
kooperatif. STAD terdiri atas lima komponen utama antara lain presentasi kelas,
tim, kuis, dan skor kemajuan individual.
Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki tinggi nada, akan
tetapi hanya memiliki perbedaan tinggi bunyi untuk mengeluarkan irama. Alat
musik ritmis sederhana adalah alat musik yang memainkan irama lagu. Contoh
alat musik ritmis sederhana dalam penelitian ini adalah bertepuk tangan dan
membunyikan botol yang dipukul dengan sendok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI