DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DATA PRIBADI PELANGGAN TELEKOMUNIKASI SELULER YANG DIMANFAATKAN UNTUK KEGIATAN PROMOSI IKLAN
PENGARANG:ANDRE KRISTIAN PANGIHUTAN SINAGA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-18


ABSTRAK

 

Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahuai 1) Pengaturan hukum pada konsumen tentang data pribadi pelanggan telepon seluler yang dimanfaatkan untuk kegiatan promosi. 2) Akibat hukum pemanfaatan data pribadi Telkom seluler dengan penggunaan iklan tanpa izin pengguna.

 

Metode penelitian ini  menggunakan penelitian hukum normatif dengan sifat penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian terhadap ketegasan hukum. Bahan hukum yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research). Analisis data dalam penulisan ini digunakan data kualitatif.

 

Hasil penelitian yang telahd didapatkan bahwa Pertama: Pengaturan hukum pada konsumen tentang data pribadi pelanggan telepon seluler yang dimanfaatkan untuk kegiatan promosi, harus melindungi data pribadi pengguna tersebut, karena hal ini sangat berhubungan dengan masalah identitas konsumen yang tidak boleh dibocorkan kepada siapapun karena kerahasiaan data pribadi tersebut telah diatur dalam perundang-undangan yang berlaku. Penyelenggara Sistem Elektronik dapat melindungi penggunanya dan masyarakat luas dari kerugian yang ditimbulkan oleh Sistem Elektronik yang diselenggarakannya.  Hal ini diharapkan dapat menekan kejahatan yang terjadi sehingga hal ini dapat merugikan konsumen dan dapat membuat masalah kedepannya. Kedua: Akibat hukum pemanfaatan data pribadi Telkom seluler dengan penggunaan iklan tanpa izin pengguna, sebenarnya akibat hukum yang timbul dari data pribadi pelanggan yang dibocorkan tersebut bisa jadi masalah terutama saat data yang dipergunakan tidak ada izin dari pemilik akun atau data pribadi tersebut. Pihak pelaku usaha bertanggungjawab memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan/atau kerugian konsumen akibat mengonsumsi barang dan/atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan.

 

Kata Kunci: Perlindungan hokum terhadap data pribadi pelanggan telekomunikasi seluler yang dimanfaatkan untuk kegiatan promosi iklan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI