DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SURVEI KEPUASAN PENGGUNA BANTUAN PANGAN NON-TUNAI DI KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:ALVI RAYHANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-20


ABSTRAK

Alvi Rayhandi, 1610411210003. Survei Kepuasan Pengguna Bantuan Pangan Non-Tunai di Kecamatan Banjarmasin Timur. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Taufik Arbain, M.Si

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di E-Warong (Elektronik Warung Gotong Royong). Dalam Peraturan Presiden Nomor 63 tahun 2017 bahwa masyarakat Indonesia yang mendapatkan BPNT adalah Masyarakat yang tergolong miskin walaupun dalam pelaksanaannya banyak terjadi hal-hal yang tidak sesuai besarnya bantuan dengan kebutuhan pokok masyarakat sehingga bantuan ini dikeluhkan oleh masyarakat. Penelitian ini dengan judul “Survei Kepuasan Pengguna Bantuan Pangan Non-Tunai di Kecamatan Banjarmasin Timur”, memiliki rumusan masalah bagaimana kepuasan pengguna program BPNT di Kecamatan Banjarmasin Timur. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pengguna program BPNT di Kecamatan Banjarmasin Timur.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dari kuisioner dan observasi dan sekunder dari peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017. Data akan dianalisis menggunakan skala likert dan indeks kepuasan masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka survei kepuasaan masyarakat yang terdiri dari 9 indikator, maka ada indikator yang harus diperbaiki,  yakni indikator waktu, kompetensi petugas dan indikator penanganan pengaduan, sedangkan indikator yang dipertahankan adalah indikator persyaratan, prosedur, spesifikasi produk, biaya, prilaku petugas dan sarana prasarana, Berdasarkan perhitungan SKM maka diperoleh hasil sebesar 75,875 dibandingkan dengan tabel II berada di antara 65,00 – 76,60 dengan nilai interval C dikonversikan dengan mutu Kinerja Unit Pelayanan berada pada posisi Kurang Baik.

Kata Kunci: Survei, Kepuasan, Bantuan Pangan Non-Tunai

 

ABSTRACT

Alvi Rayhandi, 1610411210003. Satisfaction Survey of Non-cash Food Aid Users in East Banjarmasin District. Under the guidance of Mr. Dr. Taufik Arbain, M.Si

Non-cash Food Aid Users(BPNT) is food aid from the government that is given to Beneficiary Families (KPM) every month through an electronic account mechanism which is used only to buy food at E-Warong (Electronic Mutual Cooperation Stalls). In Presidential Regulation Number 63 of 2017 that the Indonesian people who get BPNT are people who are classified as poor even though in its implementation there are many things that do not match the amount of assistance with the basic needs of the community so that this assistance is complained of by the community. This research, entitled "Satisfaction Survey of Non-Cash Food Assistance Users in East Banjarmasin District", has a formulation of the problem of how satisfied BPNT program users are in East Banjarmasin District. The purpose of this study was to determine the user satisfaction of the BPNT program in East Banjarmasin District.

This research uses descriptive quantitative method using several data collection techniques such as questionnaires, observation, and documentation. The data sources used are primary data from questionnaires and observations and secondary data from the regulation of the Minister of State Apparatus Empowerment and Bureaucratic Reform of the Republic of Indonesia Number 14 of 2017. Data will be analyzed using a Likert scale and community satisfaction index.

Based on the results of the research that has been carried out, the community satisfaction survey consists of 9 indicators, then there are indicators that must be improved, namely time indicators, officer competence and complaints handling indicators, while the indicators that are maintained are requirements indicators, procedures, product specifications, costs, behavior. officers and infrastructure, based on the calculation of SKM, the results obtained are 75.875 compared to table II between 65.00 - 76.60 with interval C values converted to quality Service Unit performance is in a poor position

Keywords: Survey, Satisfaction, Non-Cash Food Aid

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI