DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 5 BANJARMASIN
PENGARANG:NUR REDHA NAMIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-23


ABSTRAK

 

Namiya, Redha, Nur. 2020. Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Peserta Didik

Kelas XI SMKN 5 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing  (I) Dr. Sabhan, M.Pd., (II) Dewi Alfianti, M.Pd.

Kata Kunci: pembelajaran, menulis, teks eksplanasi.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks eksplanasi SMKN 5 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks eksplanasi. Teknik analisis yang digunakan dengan cara 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidik sudah membuat rencana pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada kurikulum 2013. Meskipun tidak semua komponen terdapat dalam perencanaan sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu aktivitas pendidik dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan pendidik meliputi tiga tahap yaitu pendahuluan, inti penutup dan kegiatan peserta didik yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi dan mengomunikasikan. Semua aktivitas pendidik dan peserta didik terlaksana sesuai dengan perencanaan yang dibuat peserta didik, hanya saja beberapa bagian saja yang tidak terlaksana dengan baik.

Penilaian menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pendidik menggunakan penialaian sikap menggunakan teknik yang digunakan yaitu observasi di kelas selama proses pembelajaran dan berpedoman dengan rubrik penilaian yang tercantum pada RPP. Sedangkan untuk pengetahuan dan keterampilan menggunakan teknik tes dan penugasan. Teknik tes yang dilakukan dalam di dalam kelas berupa tes lisan mengenai teks eksplanasi berupa persentasi peserta didik. Sementara itu, penugasan yang dilakukan menulis teks eksplanasi berdasarkan struktur di dalam teks tersebut yang dilakukan secara berkelompok di dalam kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI