DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMASANGAN BATAKO PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN
PENGARANG:DICKY PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-23


STUDI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMASANGAN BATAKO

PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN

Oleh :

Dicky Pratama

Pembimbing :

Ir. Retna Hapsari Kartadipura, M.T.

ABSTRAK

Produktivitas ialah salah satu ukuran dalam mencapai tujuan dan sesuatu hal yang sangat penting bagi setiap tenaga kerja dalam penyelesaian suatu pekerjaan.Produktivitas menjadi satu di antara penyebab rendahnya pekerjaan yang akan dihasilkan dan juga produktivitas tenagakerjaakansangatberpengaruhterhadap besarnya keuntunganataukerugiansuatuproyek. Oleh karena itu tenaga kerja merupakan faktor penting dalam mengukur produktivitas.

Permasalahan yang akan di angkat dalam tugas akhir ini adalah pengamatan pada produktivitas pekerjaan pemasangan batako. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada ProyekPembangunan Perumahan Komplek Damai Sejahtera Di Wilayah Cindai Alus, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Sumber data yang diteiti dalam penelitian ini adalah seseorang tukang batu yang bekerja pada pekerjaan pemasangan batako, yaitu mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sumber daya manusia di lapangan khususnya mengenai variabel usia, pengalaman kerja, keahlian tenaga kerja, tindak pendidikan, kesesuaian upah, kesehatan pekerja, kondisi lapangan, hubungan antar pekerja dan komposisi kelompok kerja terhadap tingkat produktivitas pekerja yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner.

Adapun tujuan dilakukan penelitian ini, mengetahuiseberapabesar produktivitastenagakerja pemasangan batako, mengetahui faktor variabelapakahyangmempunyaipengaruhdominan terhadapproduktivitas tenagakerja pemasangan batako, dan menentukan upaya-upaya apa sajakah yang harus dilakukan dalam produktivitas tenaga kerja pemasangan batako. Adapun penelitian pekerjaan pemasangan dinding ini dibagi menjadi 4 segmen pekerjaan, setelah dilakukan penelitian maka dapatlah tinggkat produktivitas persegmen, adapun tingkat produktivitas nya  sebagai berikut : Segmen 1 sebesar 1,92 m2/jam, segmen 2 sebesar 2,40 m2/jam, segmen 3 sebesar 2,9 m2/jam, dan segmen 3 sebesar 2,29 m2/jam. Serta faktor variabel pada kuesioner yang sangat berpengaruh terhadap besarnya produktivitas pada pelaksanaan pekerjaan pemasangan batako, antara lain faktor umur, faktor pengalaman tenaga kerja, faktor keahlian tenaga kerja, serta faktor kondisi lapangan/cuaca karena dalam pekerjaan ini dilakukan ditempat outdoor atau terbuka.

Kata kunci : Produktivitas tenaga kerja konstruksi, batako, faktor variabel tenaga kerja konstruksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI