DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Preparasi dan Karakterisasi Bead Alginat-Nanoselulosa dari Pelepah Nipah (Nypa fruticans) untuk Enkapsulasi Biopestisida
PENGARANG:NUR BYASIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-28


ABSTRAK

PREPARASI DAN KARAKTERISASI BEAD ALGINAT-NANOSELULOSA DARI PELEPAH NIPAH (Nypa fruticans) UNTUK ENKAPSULASIBIOPESTISIDA (Oleh: Nur Byasih; Pembimbing: Sunardi, S.Si., M.Sc., Ph.D dan Dr. Dede Heri Yuli Yanto, S.Si., M.Agr; 2020; 45 halaman)

Penelitian mengenai preparasi dan karakterisasi bead alginat-nanoselulosa dari pelepah nipah (Nypa fruticans) untuk enkapsulasi biopestisida telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik bead yang dihasilkan dan mengetahui pengaruh penambahan nanoselulosa 0%; 0,2%; 0,4%; 0,6%; dan 0,8% terhadap kemampuan enkapsulasi bead alginat terhadap biopestisida. Preparasi bead dilakukan dengan meneteskan larutan bead ke dalam larutan CaCl2 1,5% sebagai agen pengikat silang. Ukuran diameter bead kering yang dihasilkan berkisar 1,78 hingga 2,18 mm. Warna bead menjadi lebih gelap dan nilai rasio pengembangan mengalami penurunan ketika ditambahkan nanoselulosa. Spektra FTIR yang dihasilkan menunjukkan daerah serapan khas biopestisida yang dienkapsulasi dalam bead. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penambahan nanoselulosa dapat meningkatkan kemampuan enkapsulasi bead alginat dalam menjerap biopestisida.

Kata Kunci: Bead, alginat, nanoselulosa, enkapsulasi, biopestisida

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI