DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRIPSI KUALITAS PELAYANAN PEMERINTAHAN DESA TERHADAP PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK DI DESA TATAH MESJID KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RIZKI ZULFIANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-29


ABSTRAK

Rizki Zulfiandi, 2020. Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa Terhadap Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Desa Tatah Mesjid Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Jurusan Ilmu Pemerintahan. Universitas Lambung Mangkurat. Dibawah bimbingan Saifudin (Selaku Pembimbing I) dan Husein Abdurrahman (Selaku Pembimbing II).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa Terhadap Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Desa Tatah Mesjid Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala.

Jenis Penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini digunakan berbagai teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian yaitu pemerintah desa dan masyarakat desa yang berada di Desa Tatah Mesjid Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala dan penelitian ini difokuskan pada permasalahan tentang bagaimana Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa terhadap Pembuatan Kartu Tanda Penduduk di Desa Tatah Mesjid Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk pelayanan yang diberikan oleh Desa Tatah Mesjid dalam hal administrasi kependudukan adalah berupa rekomendasi dari desa untuk dapat diteruskan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melalui Kantor kecamatan Alalak. Namun pelayanan yang menjadi kendala saat ini adalah mininya fasilitas Kantor Desa dan belum adanya Kantor Desa sehingga untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, masyarakat berurusan langsung ke rumah Kepala Desa.Kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Desa Tatah Mesjid Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala khususnya dalam pemberian dokumen surat pengantar pembuatan atau pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masih belum maksimal dalam hal ketepatan waktu, prosedur pembiayaan dan tingkat kesalahan pencetakan dokumen. Dengan demikian artinya bahwa kualitas pelayanan publik di kantor desa Tatah Mesjid masih belum begitu memuaskan, artinya masih sangat perlu upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan tersebut. Sehingga tingkat kepuasan pelanggan atau masyarakat yang dilayani di kantor Desa Tatah Mesjid Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala dapat dicapai.

Saran yang akan diberikan Peneliti adalah kepada Kantor Desa Tatah Mesjid perlu menambah alat bantu pelayanan berupa komputer dan memenuhi dindingdinding kantor dengan poster atau pengumuman yang mendukung pelayanan seperti alur pembuatan surat rekomendasi kartu tanda penduduk, agar diadakan untuk para staf atau petugas Kantor Desa Tatah Mesjid dalam penggunaan komputer pada penggunaan internet dan juga Microsoft Office, serta perlu diterapkan jaminan tepat waktu pada pelayanan yang diberikan kepada para penduduk

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pemerintahan Desa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI