DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ESTIMASI WAKTU PENYELESAIAN PROYEK DENGAN METODE LINE OF BALANCING (Studi kasus pembangunan Gedung Rumah Makan Ayam Asix Banjarbaru)
PENGARANG:RAHIL MAIMUN SUKMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-04


ESTIMASI WAKTU PENYELESAIAN PROYEK DENGAN METODE LINE OF BALANCING

 (Studi kasus pembangunan Gedung Rumah Makan Ayam Asix Banjarbaru)

 

 

Rahil Maimun Sukma

Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat

Jl. A. Yani Km. 35,8 Kalimantan Selatan, Indonesia

Telp. (0511) 47738568-4781730 Fax. (0511) 4781730

Email : maimunrahil@gmail.com

 

ABSTRAK

Beberapa tahun ini, Indonesia sedang mengalami pembangunan yang sangat pesat, terutama dalam hal konstruksi. Masalah yang sering dihadapi dalam proyek konstruksi adalah ketidak sesuaian antara rencana awal dengan realisasi yang ada dalam pelaksanaan proyek, seberapa baikpun perencanaan awal (anggaran biaya, jadwal, kualitas atau mutu).

Oleh karena itu, ilmu penjadwalan harus selalu dilakukan percobaan dan perkembangan demi menemukan teknik penjadwalan yang paling baik untuk proyek konstruksi. Tugas akhir ini bertujuan untuk menerapkan metode Line of Balancing atau Garis Keseimbangan untuk mengetahui durasi pelaksanaan proyek. Metode ini kurang begitu dikenal namun metode ini mampu memperlihatkan pemanfaatan sumber daya, baik berupa tenaga kerja, peralatan maupun bahan tanpa terputus.

Adapun proyek yang akan dibuat penjadwalannya pada tugas akhir ini adalah Proyek Pembangunan Rumah Makan Ayam Asix Banjarbaru, yang terdiri dari dua buah gedung, satu buah gedung utama dua lantai dan satu buah gedung musholla.Proyek ini hanya menggunakan bar chart dan Kurva S sebagai penjadwalannya di proyek. Setelah dilakukan penjadwalan dengan metode Line of Balancing sedemikian rupa, didapatkan durasi proyek ,memerlukan waktu 120 hari atau 18 minggu lebih 1 hari.

 

 

Kata kunci : LoB, Line of Balancing, Garis Keseimbangan, Penjadwalan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI