DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KOMITMEN KERJA, DISIPLIN KERJA DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN SEMANGAT KERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN DAHA SELATAN
PENGARANG:ASY'ARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-04


 

ABSTRAK

 

Asy’ari. 2020. Hubungan Komitmen Kerja, Disiplin Kerja dan komunikasi interpersonal dengan Semangat Kerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Daha Selatan. Tesis. Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Mahrita (2) J. Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom., Ph.D,.

 

 

 

Kata Kunci : Komitmen, Disiplin, Komunikasi Interpersonal, semangat kerja.

 

 

 

Guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sekolah, oleh karena itu guru dituntut untuk bekerja dengan sungguh-sungguh agar keberhasilan tersebut dapat tercapai. Kesungguhan guru dalam bekerja dapat terlihat dari semangat kerja guru itu sendiri. Semangat kerja guru dapat terwujud dari beberapa hal diantaranya komitmen kerja, displin kerja dan juga komunikasi interpersonal, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) komitmen kerja, disiplin kerja, komunikasi interpersonal dan semangat kerja guru, (2) Hubungan komitmen kerja dengan semangat kerja guru, (3) Hubungan disiplin kerja dengan semangat kerja guru, (4) Hubungan komitmen kerja dengan komunikasi interpersonal, (5) Hubungan disiplin kerja dengan komunikasi interpersonal, (6) Hubungan komunikasi interpersonal dengan semangat kerja guru, (7) Hubungan tidak langsung komitmen kerja dengan semangat kerja guru melalui komunikasi interpersonal, (8) Hubungan tidak langsung disiplin kerja dengan semangat kerja guru melalui komunikasi interpersonal

 

Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Populasi pada penelitian adalah 212 guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamtan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan sampel sebanyak 139 guru. Data pada penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan dengan google form. Data dianalisis menggunakan analisis jalur (path nalysis) dengan bantuan SPSS Versi 23.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen kerja dengan semangat kerja guru; (2) Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja dengan semangat kerja guru; (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen kerja dengan komunikasi interpersonal; (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin kerja  dengan komunikasi interpersonal; (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dengan semangat kerja guru; (6) Terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara komitmen kerja dengan semangat kerja guru melalui komunikasi interpersonal; (7) Terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan antara komitmen kerja dengan semangat kerja guru melalui komunikasi interpersonal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI