DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STATUS HASIL TANGKAPAN DAN POLA PERTUMBUHAN KEPITING LUMPUR (Scylla spp.) YANG TERTANGKAP DI PERAIRAN ESTUARIN SUNGAI LOBAN KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:MUHAMMAD RAHARZA PRAYUDHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-05


ABSTRAK

Muhammad Raharza Prayudha Program Studi Perikanan Tangkap. Status Hasil Tangkapan Dan Pola Pertumbuhan Kepiting Lumpur (Scylla spp.) Yang Tertangkap Di Perairan Estuarin Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu di bawah bimbingan Dr. Ir. Rusmilyansari, MP. sebagai ketua pembimbing dan Dr. Erwin Rosadi, S.Pi, M.Si sebagai anggota pembimbing.

 

Kepiting lumpur (Scylla spp.) di desa Sungai Loban adalah ekonomis penting. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi secara teknis alat tangkap rakkang, menetapkan status hasil tangkapan, menganalisis pola pertumbuhan, dan menganalisis hasil tangkapan per satuan upaya (CPUE) penangkapan kepiting lumpur (Scylla spp.) di perairan estuarin Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu. Metode yang digunakan adalah metode observasi. Analisis data yang digunakan metode deskriptif, perbandingan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/PERMEN-KP/2020, dan hubungan linier regresi. Hasil penelitian menunjukan alat tangkap rakkang bisa masuk kelompok jenis alat tangkap penangkapan ikan perangkap (traps). Status hasil tangkapan kepiting lumpur (Scylla spp.) berdasarkan lebar karapas yang tidak layak sejumlah 367 ekor dan layak tangkap sejumlah 50 ekor. Sedangkan berdasarkan berat yang tidak layak tangkap sebanyak 245 ekor dan layak tangkap sebanyak 172 ekor. Pola pertumbuhan kepiting lumpur (Scylla spp.) yang bersifat allometrik negatif dimana nilai b sebesar 2,887. Hasil tangkapan per upaya (CPUE) kepiting lumpur (Scylla spp.) didapakan nilaiCPUE = 1,645-0,048E.

 

Kata kunci : Status Hasil Tangkapan, Pola Pertumbuhan, Kepiting Lumpur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI