DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRUKTUR DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM LEGENDA ASAL MULA NAMA PULANG PISAU
PENGARANG:ARIF RAHMAN RAMBE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-05


ABSTRAK

Rambe, Arif Rahman, 2020. Strukturdan Nilai Pendidikan dalam Legenda Asal Mula Nama Pulang Pisau. Tesis program studi magister pendidikan bahasa dan sastra indonesia. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D. (2) Dr. H. Zulkifli, M.Pd.

Kata kunci: Legenda, Struktur, Nilai Pendidikan

Penelitian dilatarbelakangi kesadaran akan cerita rakyat DayakNgaju yang merupakan sastra daerah dan bentuk warisan budaya daerah sekaligus bagian integral budaya nasional.  Maka, warisan itu perlu dikumpulkan atau dicatat demi menjaga kelestarian dan kelangsungannya hingga kegenerasi yang akan datang.

Penelitian bertujuan mendeskripsikan (1) Struktur Legenda Asal Mula Nama Pulang Pisau, dan (2) nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Legenda Asal Mula Nama Pulang Pisau.

Metode penelitian pada penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif dari sumber data Legenda Asal Mula Nama Pulang Pisau yang diperoleh melaluihasil wawancara dengan informan/narasumber.

Berdasarkan analisis struktur cerita dan nilai pendidikan, maka diperoleh deskripsi unsur instrinsik, seperti tema, alur, tokoh, latar, amanat, nilai-nilai pendidikan moral, agama, kepahlawanan, sejarah, dan adat/tradisi yang terkandung dalam Legenda Asal Mula Nama Pulang Pisau.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: Legenda Asal Mula Nama Pulang Pisau mengusung tema asal usul nama tempat, menggunakan alur maju, tidak terlalu banyak menyebutkan tokoh dan nama tokoh, berlatar tempat disekitar aliran sungai dan hutan, berlatar waktu di zaman Asang, menyematkan amanat gotong royong dan hormat-menghormati. Mengandung nilai pendidikan moral tidak gegabah dalam mengambil keputusan, nilai pendidikan adat/tradisi nomaden dan gotong royong, nilai pendidikan agama berupa ritual, nilai pendidikan sejarah persebaran masyarakat adat Dayak Ngaju, dan nilai pendidikan kepahlawanan pantang menyerah yang tercermin dari sikap para tokoh.

ABSTRACT

Rambe, Arif Rahman, 2020. Structure and Educational Values in the legend of Asal Mula Nama Pulang Pisau. The thesis of the Master’s Program of Indonesia Language Education and Literature. Postgraduate Program of Lambung Mangkurat University. Advisors (1) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D. (2) Dr. H. Zulkifli, M.Pd.

Keywords: Legendary, Structure, Education Values

The background of this research is the awareness of Dayak Ngaju folklore as local literature and a form of local cultural heritage as well as an integral part of national culture. Therefore, this local heritage needs to be collected or archived in order to preserve its sustainability and continuity for the future generation.

The research is aimed to describe (1) The structure of The Legend of Asal Mula Nama Pulang Pisau (The Origin of The Name Pulang Pisau) and (2) The educational values contained in The Legend of Asal Mula Nama Pulang Pisau.

This research applied qualitative approach and descriptive method. The data of The Legend of Asal Mula Nama Pulang Pisau were obtained through interviews with informants.

Based on the analysis of the structure of the legend and the educational values, the description of the intrinsic elements is obtained, such as themes, plot, characters, settings, mandates, values of moral education, religion, heroism, history, and customs / traditions which contained in The Legend of Asal Mula Nama Pulang Pisau.

The conclusions of this research are: The Legend of Asal Mula Nama Pulang Pisau conveys the theme of the origin of place names, uses chronological plot, does not mentions too many characters and names of characters, the place sets along the rivers and in the forest, the time setting is in the Asang era, and delivers the message of cooperation and mutual respect.

The Legend of Asal Mula Nama Pulang Pisau contains several values such as moral education of being careful in making decisions, traditional education of nomadic traditions and mutual cooperation, religious education which takes form in the rituals, the historical education which can be seen in the distribution of the indigenous Dayak Ngaju community, and the value of heroism and perseverance which is reflected in the character’s attitude.                        

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI