DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Manajemen Kemitraan Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan (Studi Situs di SMKN Murung Pudak dan SMKN 1 Tanjung di Kabupaten Tabalong) | |
PENGARANG | : | YULI RINAWATI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-01-06 |
ABSTRAK
Rinawati,Yuli 2020. Manajemen Kemitraan Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan(Studi Multi Situs di SMKN Murung Pudak dan SMKN 1 Tanjung Kabupaten Tabalong). Tesis Program Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing: (I) Prof. Drs. Ahmad suriansyah, M.Pd., Ph.D; (II) Dr. Ngadimun, MM
Kata Kunci : Manajemen Kemitraan, Mutu Pendidikan
Penelitian ini berlatar belakang dari fenomena yang muncul tentang betapa pentingnya keberadaan sekolah kejuruan melalui upaya menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Manajemen kemitraan sekolah merupakan upaya untuk menyelaraskan antara proses pembelajaran dengan kebutuhan tenaga kerja yang ada di dunia industri dan dunia usaha (DIDU).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian,pelaksanaan, dan evaluasi kemitraan sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan pada SMKN 1 Tanjung dan SMKN Murung Pudak kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian multisitus. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, semua bagian wakil kepala sekolah, guru, tenaga pendidik dan siswa yang ada di SMKN 1 Tanjung dan SMKN Murung Pudak kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif dari Humberman dan Miles, dengan tahap: pengumpulan data, koleksi data penyajian, dan penarikan kesimpulan serta pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan credibiliy, dependability, dan konfirmobiliy. Setelah data terkumpul dilakukan dengan situs tunggal kemudian dilanjutkan dengan analisisi lintas situs.
Hasil penelitian ini adalah: Perencanaan kemitraan sekolah melalui beberapa cara yaitu: berdasar melalui visi misi sekolah, penetapan tujuan kemitraan, penyusunan program kerja, atau rencana kerja, mensosialisasikan sekolah kepada calon mitra, menyeleleksi calon mitra yang sesuai dengan jurusan yang dimiliki sekolah. Pengorganisasian yang dibentuk dan di tugaskan oleh kepala sekolah untuk membentuk Tim kemitraan dengan di dukung wakil kepala sekolah dan seluruh warga sekolah, ketua jurusan, koordinator Bursa kerja kusus. Pelaksanaan kemitraan sekolah aktif menjalin komunikasi dengan pihak dunia kerja, adanya singkronisasi kurikulum,Prakerin peserta didik, adanya Guru Tamu yang berkompeten pada bidangnya dari Mitra sekolah sesuai dengan jurusan yang ada disekolah, pendidikan dan pelatihan guru, penyetaraan sarana dan prasarana serta upaya sekolah meyakinkan pasangan mitra sekolah, dengan membina komunikasi yang baik terhadap mitra sekolah, serta perekrutan alumni peserta didik bekerja sama dengan mitra untuk memberikan lapangan pekerjaan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki peserta didik. Dengan demikian setelah lulus dari SMKN peserta didik mampu bekerja sesuai dengan dunia kerja butuhkan
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI