DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Manajemen Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi (studi multi kasus pada Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)
PENGARANG:Halimatus Sa'diah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-06


Sa’diah, Halimatus (2020). Manajemen Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi (studi multi kasus pada Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin).Tesis, Program Magister Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Dosen pembimbing: (I) Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D,(II): Dr. H. A. Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata kunci: manajemen, sistem informasi akademik, perguruan tinggi

            Informasi merupakan data penting dan bermanfaat sangat penting bagi setiap orang maupun kelompok dalam organisasi, karena memiliki orientasi memberikan kemudahan dan manfaat bagi pengguna. Dalam memanfaatkan informasi, adanya Sistem Informasi (SI) akan menjadi lebih sistematis untuk kepentingan tertentu. Dewasa ini kondisi perguruan tinggi dihadapkan dengan persaingan yang semakin ketat baik pada tingkat nasional hingga internasional, maka agar tetap bisa terus maju perlu memiliki strategi agar bisa survive. Perguruan tinggi dapat memanfaatkan sistem informasi (SI) sebagai faktor proses kesuksesan dan kemajuan perguruan tinggi, seperti keberadaan Sistem Informasi Akademik (SIA). Tujuan dalam penelitian ini yakni mendeskripsikan secara mendalam berkaitan dengan manajemen sistem informasi akademik yakni mulai dari perencanaan, pengorganisasian, implementasi, pengawasan, dan evaluasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan multikasus, yaitu di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarmasin, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi.

            Hasil penelitian ditemukan (1)Perencanaan dengan melakukan perbaruan sistem informasi dan peningkatan kualitas informasi,  akan lebih efisien bagi kepuasan pengguna informasi dan memenuhi kebutuhan penerima informasi. (2)Pembagian tugas dengan komunikasi koordinatif dan disesuaikan kebutuhan akan menghasilkan layanan yang produktif dan menciptakan kemudahan dalam penyampaian informasi bagi pengguna dan penerima informasi. (3)Pelaksanaan layanan dengan perbaruan sistem secara elektronik, akan meningkatkan efektivitas kualitas informasi. Dan melakukan sosialisasi, akan menunjang peningkatan perolehan informasi bagi penerima informasi.(4) Pengawasan terhadap perbaruan sistem informasi, akan efektif meningkatkan kualitas layanan pengguna informasi. Evaluasi terhadap sistem informasi, akan mampu mempengaruhi kualitas penggunaan informasi. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI