DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Pemerintah dalam Pengembangan UMKM Tenun Pagatan di Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:BAIQ DARWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-06


ABSTRAK

Baiq Darwati.2020. Peran Pemerintah dalam  pengembangan UMKM Tenun Pagatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi, Program studi pendidikan ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen pembimbing Muhammad Rahmatullah,M.Pd.

Berbagai kendala yang saat ini tengah dihadapi oleh pelaku UMKM tenun pagatan dari segi prospek hasil usaha yang kurang jelas dan manajemen usaha yyang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pemerintah dalam  pengembangan UMKM Tenun Pagatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif analisis dan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif fenomenologis. Adapun objek penelitian berupa kain tenun khas pagatan dan subjek adalah pelaku usaha UMKM Tenun pagatan Kabupaten Tanah Bumbu dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemerintah daerah telah berupaya dalam meningkatkan kemampuan produksi dan pengolahan tenun pagatan dengan cara memberikan pelatihan. Namun, Pemerintah daerah belum menyediakan langsung bahan baku produksi dan tidak membuat standarisasi dalam produksi. belum melakukan pembaharuan bangun ruang berupa Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). (2) Pemerintah daerah kabupaten Tanah Bumbu tidak melakukan survei kepada masyarakat mengenai peminat tenun pagatan. Pemerintah daerah tidak menfasilitasi layanan konsultasi mengenai masalah pemasaran dari UMKM tetapi selalu memperkenalkan tenun pagatan melalui pameran hingga kancah internasional. (3) Dinas pariwisata membentuk pewadahan putra-putri tenun pagatan, pemerintah belum optimal dalam melaksanakan alih teknologi tenun pagatan. Dalam hal pendanaan pemerintah daerah hanya melakukan permudahan peminjaman dana melalui dinas koperasi tetapi tidak memberikan dana hibah. Pemerintah mampu memberikan sertifikat standarisasi secara gratis bagi UMKM tenun pagatan.

 

Kata Kunci: Peran Pemerintah Daerah, UMKM Tenun Pagatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI