DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN DAN SEMANGAT KERJA DENGAN KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DALAM MENGAJAR DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SE-KABUPATEN TANAH LAIT
PENGARANG:SITI ROHANAH
PENERBIT:PROGRAM PASCA SARJANA
TANGGAL:2018-02-09


Keberhasilan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala
sekolah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah. Perilaku
kepemimpinan dituntut terhadap tenaga kependidikan sesuai dengan aspek tugas
sebagai atasan dan aspek tugas kepada bawahan. Setiap guru tingkat semangat
kerja berbeda-beda, sehingga berdampak kepada kemampuan keprofesionalan
guru dalam mengajar.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara perilaku
kepemimpinan dengan semangat kerja di Madrasah Tsanawiyah Negeri seKabupaten Tanah Laut, (2) hubungan antara perilaku kepemimpinan dengan
kemampuan profesional guru dalam mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri
se-Kabupaten Tanah Laut. (3) hubungan antara semangat kerja dengan
kemampuan profesional guru dalam mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri
se-Kabupaten Tanah Laut, (4) hubungan secara bersama-sama antara perilaku
kepemimpinan, semangat kerja dengan kemampuan profesional guru dalam
mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Tanah Laut.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian analisis
korelasi. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan dan mencari hubungan dari
sejumlah variabel penelitian yang ada. Dalam penelitian ini populasinya 6
Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Tanah Laut yang jumlah seluruh
guru sebanyak 126 orang. Sedangkan sampel yang diambil dengan teknik
Proporsional Random Sampling sehingga berdasarkan tabel dengan taraf
kesalahan 5% dari jumlah 126 orang guru, maka diperoleh sampel sebanyak 95
responden.
Hasil analisis menunjukan bahwa
(1)ada hubungan antara perilaku
kepemimpinan dengan semangat kerja koefisien korelasi (r) sebesar = 0,586, (2)
ada hubungan antara perilaku kepemimpinan dengan kemampuan profesional
guru dalam mengajar koefisien korelasi (r) sebesar = 0,550, (3) ada hubungan
antara semangat kerja dengan kemampuan profesional guru dalam mengajar
koefisien korelasi (r) sebesar = 0,773, (4) secara bersama-sama antara perilaku
kepemimpinan, semangat kerja dengan kemampuan profesional guru dalam
mengajar di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kabupaten Tanah Laut koefisien
korelasi ganda (R) sebesar = 0,748.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan perilaku kepemimpinan
senantiasa dapat meningkatkan aspek konsederasi dan inisasi. Dengan demikian
perilaku kepimpinan dapat menciptakan semangat kerja seperti gairah kerja,
kerjasama, dan hubungan yang harmonis. Dengan demikian tercapai kemampuan
guru dalam keprofesionalan untuk mengajar yang pada akhirnya dapat
meningkatkan mutu lulusan.

Rohanah, Siti. 2016. Relationship Leadership Behavior and Morale with
Teachers' Professional Ability in the Teaching of Public MTs Tanah
Laut. Advisors: Prof. Dr. H. Husaini Usman, M.Pd.M.T and Dr. Hj.
Aslamiah, M.Pd, Ph.D
.


Keywords: Leadership Behavior, morale, professional ability

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI