DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Teknik Group Discussion melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII C Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Banjarmasin
PENGARANG:NUR ELVINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-06


ABSTRAK

Pentingnyamemiliki kematangan karir padaasiswa sebagai bekal untukkmenjadi individuuyang berkualitas dannmemiliki masa depannyang cemerlang.Tujuan penelitian ini adalahuntukkmengetahui efektivitas teknik group discussion melalui layanan bimbingan kelompok untukkmeningkatkan kematangan karir pada siswa. Penelitianiini merupakannpenelitian kuantitatif menggunakan metodeeeksperimen dengannrancangan pre-eksperimen design dalam bentukone group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas XII C Jurusan Akuntansi yang berjumlah 34 orang. Sampel pada penelitian ini diperoleh dari kuesioner Skala Likert dannkriteria inklusi dengannmenggunakan teknik purposiveesampling yang berjumlah  4 orang. Prosuder pelaksanaan penelitian yang digunakannadalah bahan perlakuan berupa “Panduan Teknik Group Discussion untuk meningkatkan Kematangan Karir pada siswa kelas XII C Jurusan Akuntansi di SMKN 1 Banjarmasin”.Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji Paires Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,006mmaka Hooditolak dan Ha diterima.Sehingga diharapkan dengan adanya penelitian ini terutama untuk guru BK dapat mengimplementasikan teknik Group Discussion secara inovatif dan untuk peneliti selanjutnya dapat memiliki landasan pengetahuan yang kuat dan matang mengenai kematangan karir dan teknik Group Discussion.

 

Kata Kunci:t Teknik Group Discussion, Bimbingan Kelompok, Kematangan Karir.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI