DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA UNTUK PENILAIAN KINERJA PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:MIA MAWARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-07


 

ABSTRACT

 

 

Mia Mawarni (2020) The Implementation of Responsibility Accounting with Budget as Cost Controlling Tool for Performance Evaluation in Municipal Water Utility Company, Tabalong Regency. Advisor: Atma Hayat.

 

This research aimed to do research on the application of accounting responsibility in achieving control of cost at the PDAM of Tabalong regency.

Method of analysis used in the study was descriptive analysis method withquantitative approach. This research was also using documentation and interviews with staff of finance at the PDAM of Tabalong regency to obtain the secondary data.

Results of the study showed that PDAM at Tabalong regency already applied accounting responsibility pretty well. It can be known by the presence of some terms and characteristics that are already filled. Companies already run cost controlling pretty good and efficient. It is because the PDAM has been carrying out registration and authorization for adequate cost expenditure. The PDAM also has been carrying out the calculation of financial and budget report analysis and its realization.

Keywords: Accounting Responsibility, Budget, Cost Controlling

 

 

 

ABSTRAKSI

 

               Mia Mawarni (2020) Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Biaya untuk Penilaian Kinerja pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tabalong. Pembimbing : Atma Hayat.

 

                   Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan riset mengenai penerapan akuntansi pertanggungjawaban dalam mencapai pengendalian biaya pada PDAM Kabupaten Tabalong.

                   Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini juga menggunakan dokumentasi dan wawancara dengan staf bagian keuangan pada PDAM Kabupaten Tabalong untuk memperoleh data sekunder.

                   Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM Kabupaten Tabalong sudah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban dengan cukup baik, hal ini dapat diketahui dengan adanya beberapa syarat-syarat dan karakteristik yang sudah dipenuhi. Perusahaan sudah menjalankan pengendalian biaya dengan cukup baik dan efisien karena realisasi biaya tidak melampaui anggaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

 

Kata Kunci : Akuntansi Pertanggungjawaban, Anggaran, Pengendalian     

                     Biaya.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI