DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN HASIL TANGKAPAN TOGO (Filtering Net) DENGAN MENGGUNAKAN LAMPU DI PERAIRAN SUNGAI RANGIT KECAMATAN TABUNGANEN KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:RAFI AHMAD HADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-07


 

ABSTRAK

 

 

 

Rafi Ahmad Hadi Program Studi Perikanan Tangkap. Perbandingan Hasil Tangkapan Togo (Filtering Net) Dengan Menggunakan Lampu Di Perairan Sungai Rangit Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala di bawah bimbingan Ir. Irhamsyah, M. Si, sebagai ketua pembimbing dan Aulia Azhar Wahab, S. Pi, M. Si, sebagai anggota pembimbing.

 

            Pengoperasian togo di Perairan Sungai Rangit berlangsung pada malam hari tanpa menggunakan lampu dan sangat bergantung pada pasang surut air laut. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi komponen-komponen pada togo, mengetahui jumlah hasil tangkapan togo dengan dan tanpa lampu dan mengetahui komposisi hasil tangkapan dengan dan tanpa lampu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan experimental fishing. Percobaan dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan uji F kemudian dilanjutkan dngan Analisis Sidik Ragam. Hasil penelitian menunjukkan togo yang menggunakan lampu mendapatkan hasil tangkapan sebesar 174 kg dan terdapat 10 jenis hasil tangkapan, dengan komposisi  hasil tangkapan utama berupa udang (Panaeus sp)  sebanyak 29,4% dan hasil tangkapan sampingan sebesar 70,6%, sedangkan untuk togo tanpa menggunakan lampu mendapatkan 139 kg  dan terdapat 6 jenis hasil tangkapan dengan komposisi hasil tangkapan utama berupa udang sebesar 79,85% dan hasil tangkapan sampingan sebesar 20,15.

Kata Kunci : Togo, Lampu, Hasil tangkapan utama dan sampingan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI