DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pendapatan Per Kapita, Belanja Daerah Sektor Kesehatan dan Belanja Daerah Sektor Pendidikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan Periode 2010-2018
PENGARANG:R AMADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-08


Abstraks

Ramadani (2020), Pengaruh Pendapatan Perkapita, belanja daerah sektor kesehatan dan belanja daerah sektor pendidikan terhadap indeks pembangunan manusia di kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Selatan periode 2010-2018.

            Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengatahui apakah Pendapatan Perkapita, Belanja Sektor Kesehatan dan Belanja Sektor Pendidikan Berpengaruh secara Persial terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan periode 2010-2018; (2) Untuk mengetahui apakah Pendapatan Perkapita, Belanja Sektor Kesehatan dan Belanja Sektor Pendidikan Berpengaruh secara Simultan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan periode 2010-2018; (3) Untuk mengetahui variabel apa yang dominan mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan Periode 2010-2018. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pemerintah daerah, pihak swasta maupun lembaga masyarakat yang berkepentingan dalam hal pembangunan ekonomi di kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Selatan.

            Metode penelitian ini menggunakan cara pengumpulan data dengan mengambil data di badan pusat statistik dan dinas terkait. Setelah itu dilakukan analisis regresi data panel untuk melihat pengaruh dari variabel independen terhadap dependen. Software yang digunakan untuk analisis regresi yaitu Eviews.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan perkapita berpengaruh signifikan dan arahnya positif terhadap indeks pembangunan manusia, belanja daerah sektor kesehatan berpengaruh signifikan dan arahnya positif terhadap indeks pembangunan manusia dan belanja daerah sektor pendidikan berpengaruh signifikan dan arahnya positif terhadap indeks pembangunan manusia.

Kata kunci: Indeks Pembangunan Manusia, PDRB, Jumlah Penduduk, Belanja Daerah Sektor Kesehatan dan Belanja Daerah Sektor Pendidikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI