DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN NILAI KARAKTER BUDAYA GAWI MANUNTUNG DAN SELF CONCEPT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TAHUN AJARAN 2019/2020 MAN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-08


Siswa yang memiliki perilaku konsisten dan memiliki konsep diri yang positif akan terus mengasah potensinya, siswa dapat mewujudkan budaya Gawi Manuntung dalam dirinya dengan konsisten mengerjakan pekerjaannya hingga tuntas sehingga mendapatkan hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara nilai karakter budaya Gawi Manuntung dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dengan skala likert dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MAN 1 Banjarasin dengan jumlah populasi 229 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara X_1, X_2, dan Y yang menunjukkan bahwa rhitung> rtabel yaitu 0,770> 0,329. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai karakter budaya Gawi Manuntung dan konsep diri memiliki hubungan yang simultan dengan hasil belajar. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima yang menyatakan bahwa ada hubungan antara nilai karakter budaya Gawi Manuntung dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 1 Banjarmasin. Oleh karena itu, siswa yang sudah mampu mewujudkan nilai-nilai karakter budaya Gawi Manuntung dan juga memiliki konsep diri yang positif disarankan untuk terus memelihara dan mengembangkannya agar hasil belajarnya lebih optimal.

Peneliti menyarankan agar guru BK dalam penelitian ini dapat mengintensifkan pemberian layanan bimbingan konseling dengan mengaitkan pemberian layanan terkait kearifan lokal masyarakat Banjar seperti Gawi Manuntung. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan nilai karakter budaya Gawi Manuntung dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa dengan mengacu pada nilai rapor siswa sebagai bahan evaluasi yang lebih akurat.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI