DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERHITUNGAN DAYA DUKUNG TIANG PIER JEMBATAN SEI. BASIRIH II
PENGARANG:SAIDATIL MUHIRAH
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-02-09


Jembatan Sei. Basirih II berada di atas Sungai Basirih, yang mana tanah di
area jembatan tersebut terutama pada konstruksi Pier jembatan berupa lapisan
tanah lunak (lempung) hingga kedalaman 31,5 m berdasarkan pemeriksaan
lapangan dengan menggunakan N-SPT. Oleh sebab itu pemilihan pondasi untuk
Jembatan Sei. Basirih II harus sesuai dengan beban yang dipikul oleh Pier
jembatan dan daya dukung tiang setempat, sehingga kerusakan struktur akibat
pondasi dapat dihindari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pondasi yang
digunakan pada Jembatan Sei. Basirih II mampu/tidak menahan gaya aksial dan
lateral yang terjadi sesuai dengan daya dukung setempat.
Perhitungan daya dukung tiang terhadap gaya aksial dan lateral dilakukan
pada pier jembatan Sei. Basirih II di darat dan di sungai. Untuk analisa
pembebanan yang dilakukan pada Jembatan Sei. Basirih II menggunakan SNI
1726:2016 dan untuk standar peerencanaan ketahanan gempa untuk jembatan
menggunakan SNI 2823:2008. Analisa perhitungan daya dukung tiang aksial
menggunakan metode pendekatan statis yang terdiri dari data sondir, N-SPT dan
laboratorium sedangkan untuk daya dukung tiang lateral menggunakan metode
pendekatan
Broms.
Berdasarkan hasil analisa perhitungan diperoleh bahwa jumlah tiang
pancang berdasarkan perhitungan pada pier 5 arah Liang Anggang sama dengan
jumlah tiang pancang yang terpasang dilapangan yaitu 18 tiang sedangkan jumlah
tiang pancang berdasarkan perhitungan pada pier 7 arah Liang Anggang adalah 20
tiang lebih sedikit 4 tiang dari jumlah tiang pancang yang terpasang dilapangan
yaitu 24 tiang. Perbedaan jumlah tiang pancang yang terpancang dilapangan
dengan hasil analisa perhitungan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
peraturan pembebanan yang digunakan, standar peerencanaan ketahanan gempa
untuk jembatan, metode perhitungan daya dukung tiang yang digunakan dan
penggunaan faktor aman (SF).


Kata kunci:
Pier Jembatan, Pembebanan dan Daya Dukung Tiang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI