DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Pendamping Desa (Sarjana Pendamping Desa) dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa di Desa Kaliring Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatan
PENGARANG:FENY RUSMALASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-08


ABSTRAK

Feny Rusmalasari 1610413620010, 2020, “Peran Pendamping Desa (Sarjana Pendamping Desa) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Desa Kaliring Kecamatan Padang Batung Kabupaten Hulu Sungai Selatandibawah bimbingan Sandra Bhakti Mafriana.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemberdayaan Pendamping Desa (Sarjana Pendamping Desa) di Desa Kaliring, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu fungsi pendamping menurut Jim Ife dan Frank Tesoriero Community Development Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi yang terdiri dari empat indikator yaitu, peran dan keterampilan memfasilitasi, peran dan keterampilan mendidik, peran dan keterampilan representasi, berbagai peran dan keterampilan teknis. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi, dengan informan Sarjana Pendamping Desa dan masyarakat yang ada di Desa Kaliring.

            Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator peran keterampilan dan memfasilitasi 71,11% skor subjek berada pada Kategori Tinggi dan 28,89% berada pada kategori Rendah dalam memberikan semangat, dukungan dan motivasi kepada masyarakat Kaliring. Indikator peran dan keterampilan mendidik 57,78%  skor subjek berada pada kategori Tinggi dan 42,22% berada pada kategori Rendah, dapat dilihat Samping desa memberikan informasi tentang bantuan dimulai dari pendataan sampai pembagian bantuan kepada masyarakat Kaliring. Indikator peran dan keterampilan representasi 33,33% skor subjek berada pada kategori Tinggi dan 66,67% berada pada kategori Rendah, dilihatdalam hal memberikan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan. Tetapi dalam menggunakan media Samping Desa dikatakan rendah dikarenakan Samping Desa tidak memanfaatkan sosial media untuk informasi terkait bantuan yang ada dan tidak mempublikasikan laporan keuangan sehingga masyarakat tidak tahu. Indikator berbagai peran dan keterampilan teknis 60,00% skor subjek berada dalam kategori Tinggi dan 40,00% berada pada kategori Rendah dikarenakan dalam hal manajemen Samping Desa cukup baik menkoordinir masyarakat Desa Kaliring hanya saja dalam hal penelitian Samping Desa masih rendah.

Kata kunci: peran pendamping, Sarjana Pendamping Desa , Desa Kaliring

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI