DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Komunikasi Pembangunan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Mewujudkan Kota Banjarmasin BAIMAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Program Babarasih Kota Banjarmasin)
PENGARANG:DICKY ALFIANDI P
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-09


Dicky Alfiandi Prasetyo D1C113226, 2020 “Strategi Komunikasi Pembangunan Dinas Lingkungan Hidup Dalam Mewujudkan Kota Banjarmasin BAIMAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Program Babarasih Kota Banjarmasin)”. Dibawah Bimbingan Novaria Maulina dan Lalita Hanief.

Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan pembangunan Kota Banjarmasin melalui program kegiatan babarasih kota. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Strategi komunikasi pembangunan Dinas Lingkungan Hidup dalam mewujudkan visi dan misi Kota Banjarmasin.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci penelitian adalah Kepala DLH Banjarmasin. Teknik Analisis data, teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi komunikasi pembangunan yang dilakukan DLH yaitu pengembangan kapasitas diri sebagai fasilitator, menggunakan media berupa face to face, membuat isi pesan yang fleksibel agar mudah diterima semua kalangan masyarakat, DLH Banjarmasin tidak melakukan klasifikasi audiens berdasarkan pengetahuan yang berbeda, akan tetapi dilihat dari target sasaran secara umum dapat menghilangkan batasan kensenjangan antara audiens, DLH Banjarmasin tidak terlalu spesifik membahas tentang bias pro-literacy, akan tetapi penyampaian pesan yang berulang-ulang dapat meningkatkan daya ingat audiens dalam menambah pengetahuan. Memaksimalkan peran komunikator bekerja sama dengan opinion leader, membuat pesan berorientasi pada audiens, dan memanfaatkan jasa teknologi komunikasi dengan menggunakan media sosial Whatsapp dalam hal berkoordinasi antar satuan petugas dalam program kegiatan babarasih kota yang bergiliran setiap minggu disetiap kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin dengan tujuan mewujudkan visi dan misi Kota Banjarmasin BAIMAN.

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pembangunan, Mewujudkan Visi dan Misi

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI