DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERBANDINGAN ANTARA CCSP BAJA DAN BETON PRECAST PADA PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH STUDI KASUS PADA PROYEK TURAP SIRING SUNGAI VETERAN – BANJARMASIN
PENGARANG:BANGUN TRIKARTONO
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-09


Turap suatu konstruksi yang berfungsi untuk menahan tanah lepas atau alami dan mencegah keruntuhan tanah yang miring atau lereng yang kemantapannya tidak dijamin oleh lereng tanah itu sendiri. Fungsi turap terutama untuk menahan gaya tekanan lateral pada tanah kohesif. Ada 2 jenis turap yang dibandingkan untuk mengetahui biaya yang lebih ekonomis dan efisien dalam pengerjaan dinding penahan tanah yaitu menggunakan Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP) baja atau Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP) Corrugated Concrete Sheet Pile (CCSP) beton precast.
Penentuan turap dilakukan dengan analisa data sekunder berupa data sondir, data laboratorium dan data pengukuran topografi. Setelah itu dilanjutkan dengan perhitungan gaya-gaya yang bekerja pada turap, perhitungan momen pada turap, perhitungan daya dukung tiang pancang pada angker, perhitungan kapasitas daya dukung tiang terhadap beban lateral. Sehingga dalam perhitungan tersebut didapat hasil yang mendekati kondisi lapangan. Setelah itu menghitung desain turap beton dan baja, dapat membandingkan harga antara turap beton dan baja, agar didapat turap yang efisien dan paling ekonomis.
Dari hasil analisis dan perhitungan, didapatkan profil turap beton CCSP W-600-A-1000 dengan panjang total turap 14 meter. Didapat hasil biaya pemancangan turap beton Pre-Cast per M’ sebesar Rp. 2.623.747,- lebih murah dibandingkan dengan profil baja YSP V sebesar Rp. 5.135.093,-.
Kata kunci: turap beton CCSP Pre-Cast, turap baja, analisis perhitungan biaya pekerjaan 2016.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI