DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINDAK PIDANA PENCURIAN RINGAN (STUDI PUTUSAN NOMOR : 17/PID.B/2019/PN Mrh)
PENGARANG:NISSA AULIA SYAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-11


TINDAK PIDANA PENCURIAN RINGAN (STUDI PUTUSAN NOMOR : 17/PID.B/2019/PN Mrh)

Nissa Aulia Syafitri

ABSTRAK

Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui dasar hukum Putusan Nomor : 17/Pid.B/2019/PN Mrh sudah sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2012 dan untuk mengetahui putusan hakim tersebut sudah memenuhi Asas Kepastian Hukum, Asas Keadilan Hukum, dan Asas Kemanfaatan Hukum.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (Case Approach) pada Putusan Pengadilan Negeri Marabahan Nomor : 17/Pid.B/2019/PN Mrh.

Hasil penelitian skripsi ini menunjukkan bahwa : Pertama dasar hukum Putusan Nomor : 17/Pid.B/2019/PN Mrh tidak sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2012 jika menggunakan Pasal 362 KUHP karena unsur pasal tersebut tidak terpenuhi. Jika mempetimbangkan aturan khususnya dan fakta-fakta hukum di persidangan, dasar hukum yang tepat untuk kasus ini yaitu Pasal 364 KUHP. Kedua Asas Kepastian Hukum, Asas Keadilan Hukum, dan Asas Kemanfaatan Hukum oleh Hakim dalam putusan ini bagi korban sudah terpenuhi namun bagi terdakwa belum terpenuhi seluruhnya.

Kata Kunci : Tindak Pidana, Pencurian Ringan, Studi Putusan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI