DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Aplikasi Pendaftaran Antrian Permohonan Paspor Secara Online di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin
PENGARANG:SITI AVIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-12


Pelayanan publik merupakan bentuk dari fungsi pelayanan jasa dari aparatur negara kepada masyarakat. Terlebih dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahun, teknologi dan transportasi semakin mempermudah pekerjaan. Hal tersebut juga mengakibatkan perjalanan dari satu negara kenegara yang lain semakin meningkat. Untuk memasuki suatu negara, seseorang diharuskan untuk memiliki paspor, dengan meningkatnya jumlah permohonan paspor tentu dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengantri. Dengan hal tersebut Direktorat Jendral Imigrasi menerapkan suatu aplikasi untuk mempermudah pendaftaran antrian paspor secara online.

            Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Aplikasi Pendaftaran Antrian Permohonan Paspor secara Online di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang semakin canggih dan modern, dimana pemerintah berupaya memberikan nilai tambah terhadap pelayanan kepada masyarakat.

            Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diambil dari wawancara dengan menggunakan informan dan dokumentasi sesuai dengan objek penelitian dan analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa Implementasi aplikasi pendaftaran antrian paspor online di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin dapat dikatakan Baik, mulai dari kegiatan penyuluhan atau sosialisasi kepada mahasiswa dan masyarakat hingga masyarakat (pemohon) selesai melakukan pendaftaran melalui aplikasi. Kendala yang dihadapi oleh Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin adalah rendahnya pemahaman masyarakat tentang pemakaian aplikasi, penggunaan aplikasi yang terbatas, dan aplikasi yang error.

Bedasarkan Hasil penelitian ini disaranakan: perlunya menemukan solusi untuk mengubah pandangan dan cara berpikir masyarakat, serta diperlukan pengembangan aplikasi agar pengguna iOS dapat menggunakan aplikasi dan tidak terjadi error saat pemakaian aplikasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI