DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisa Harga Satuan Pekerjaan Beton Dengan Metode Lapangan dan PERMEN PUPR Menggunakan Software Microsoft Project 2013 (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung SAMSAT Amuntai Tahap 1)
PENGARANG:MUHAMMAD HAFIZ ANSYORIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-12


ABSTRAK

Dalam proyek konstruksi pada tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan diperlukan manajemen konstruksi. Hal yang berpengaruh adalah perhitungan rencana anggaran biaya dimana untung dan rugi sebuah proyek tergantung pada estimasi biaya pada awalnya. Metode yang digunakan untuk mengestimasi biaya kontruksi antara lain analisa harga satuan pekerjaan, namun pada umumnya dalam perhitungan anggaran biaya koefisien yang digunakan tidak sesuai dengan apa yang dilaksanakan di lapangan. Selain menggunakan metode yang sebelumnya dijelaskan tadi, perhitungan estimasi biaya juga dapat dilakukan dengan metode Permen PUPR menggunakan software Ms. Project. Sesusai dengan pengamatan yang dilakukan pada analisa biaya pekerjaan beton bertulang pada kolom dan ring balk pada proyek pembangunan Gedung Samsat Amuntai Tahap 1.

Hasil analisa biaya pekerjaan beton bertulang pada kolom dan ring balk sesuai analisa kondisi Lapangan didapatkan sebesar Rp 3.232.806,- dan Rp 3.402.188,-. Analisa biaya Permen PUPR menggunakan software Ms. Project didasarkan pada laporan harian proyek dan estimasi pekerja dan alat yang digunakan sesuai dengan kondisi Lapangan. Biaya total pada Permen PUPR menggunakan software Ms. Project didapatkan dari akumulasi biaya material, gaji pekerja, serta biaya alat yang digunakan pada proyek.

Hasil perhitungan estimasi biaya pekerjaan beton bertulang pada kolom dan ring balk dengan menggunakan metode Permen PUPR menggunakan software Ms. Project didapatkan sebesar Rp 3.928.912,- dan Rp 3.946.162. Selisih biaya total pekerjaan beton bertulang pada kolom dan ring balk kedua metode ini adalah sebesar Rp 696.106,- dan Rp 543.974. Penggunaan estimasi biaya kondisi Lapangan didapatkan hasil yang lebih rendah dari pada analisa Permen PUPR menggunakan software Ms. Project.

Kata Kunci : estimasi biaya, RAB (Rencana Anggaran Biaya), Permen PUPR, Ms. Project, harga satuan, beton bertulang

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI