DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018)
PENGARANG:ALIFAH HUSNA MUFIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-12


 

 

Alifah Husna Mufida (2020). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Transportasi yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2018).

Pembimbing: Dr. Atma Hayat, Drs, Ec, M.Si, Ak, CA.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh mekanisme corporate governance, ukuran kantor akuntan publik, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap integritas laporan keuangan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian, yaitu mekanisme corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan institusional, komite audit, dan komisaris independen, ukuran KAP, ukuran perusahaan, dan leverage. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu integritas laporan keuangan yang diukur dengan menggunakan market to book ratio.

 

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2016-2018. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh data sebanyak 63 perusahaan transportasi berdasarkan kriteria tertentu. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda melalui program SPSS versi 21.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite audit, ukuran KAP, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan. Komisaris independen berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan, sedangkan kepemilikan institusional dan leverage berpengaruh negatif terhadap integritas laporan keuangan.

 

Kata Kunci: Integritas Laporan Keuangan, Mekanisme Corporate Governance, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Komisaris Independen, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Ukuran Perusahaan, Leverage

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI