DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Bertahan Supir Angkutan Umum Taksi Kuning di Terminal Sentra Antasari Banjarmasin
PENGARANG:M.Rizky Hidayatullah Jayasaputra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-01-12


ABSTRAK

M. Rizky Hidayatullah, 2020. Strategi Bertahan Supir Angkutan Umum      Taksi Kuning di Terminal Sentra Antasari Banjarmasin. Skripsi             Program Studi Pendidikan Sosiologi. Jurusan Pendidikan Ilmu     Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.         Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing                (I) Yusuf Hidayat. (II) Laila Azkia.

Kata Kunci: Strategi, Kerjasama, Jaringan Sosial

Manusia perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di antara pekerjaan tersebut salah satunya adalah bekerja sebagai supir angkutan umum taksi kuning. Akan tetapi, sejak hadirnya taksi online, keberadaan dari pihak taksi kuning terancam, karena berpotensi mengambil penumpang-penumpang mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan supir angkutan umum taksi kuning untuk bertahan di Terminal Sentra Antasari Banjarmasin dan upaya mencari penumpang dari supir angkutan umum taksi kuning di Terminal Sentra Antasari Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Telah dilaksanakan di Terminal Sentra antasari Banjarmasin, serta telah dipilih sebanyak empat orang supir angkutan umum taksi kuning sebagai informan yang di tentukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi bertahan yang digunakan supir angkutan umum taksi kuning di Terminal Sentra Antasari Banjarmasin adalah (a) memperhatikan kebersihan, (b) pelayanan yang baik (c) membuat pembatas wilayah untuk taksi online, dan (d) tarif yang terjangkau; (2) upaya supir angkutan umum taksi kuning dalam mencari penumpang yaitu (a) bekerjasama antar pihak supir taksi kuning,(b) menawarkan jasa kepada pejalan kaki dan (c) menjaga hubungan baik dengan pelanggan tetap.

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada: (1) bagi supir taksi kuning, tetap menjalin kerjasama yang baik antar supir angkutan umum agar tetap kompak, baik dalam upaya mencari penumpang ataupun diskusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi. (2) bagi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, untuk memperhatikan taksi kuning yang beroperasi di jalanan kota Banjarmasin, membantu mempromosikan taksi kuning melalui iklan untuk menarik perhatian dan minat masyarakat terhadap taksi kuning, serta dapat menunjang fasilitas baik sarana dan prasarana agar taksi kuning mampu bersaing dengan taksi online.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI